Selasa 29 Sep 2015 08:36 WIB

Hati-Hati, Kolesterol Menjadi Penyebab Penyakit Batu Empedu

Rep: C04/ Red: Winda Destiana Putri
ilustrasi Batu empedu
Foto: Batuempedu.com
ilustrasi Batu empedu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu masalah yang sering terjadi yang berhubungan dengan kantung empedu adalah penyakit batu empedu. Batu empedu adalah suatu kondisi dimana cairan empedu dalam tubuh mengeras seperti batu.

Menurut ahli bedah Rumah Sakit Premier Bintaro, dr Rino A. Gani, SpPD KGEH, terbentuknya batu empedu dikarenakan banyaknya kandungan kolesterol sehingga meningkatkan bilirubin di dalam empedu. Namun selain itu dapat juga disebabkan oleh kurangnya garam empedu, sehingga cairan empedu mengeras dan menjadi batu.

"Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang rentan terhadap penyakit ini, antara lain karena faktor usia. Penyakit ini jarang sekali menyerang anak-anak, kebanyakan kasus ditemukan menyerang orang dewasa dengan usia di atas 40 tahun," kata Rino, dalam seminarnya mengenai Endoscopy Therapeutic pada Permasalahan Saluran Cerna, Empedu & Pankreas di RS. Premier Bintaro belum lama ini.

Rino juga mengungkapkan bahwa para wanita mempunyai risiko dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan pria terkait penyakit ini, hal tersebut dikarenakan kadar hormon estrogen yang lebih banyak sehingga menyebabkan kadar kolesterol meningkat. Ini terjadi terutama pada seorang wanita pascamelahirkan dikarenakan mereka mengalami perubahan hormon selama masa kehamilan.