Senin 02 Nov 2015 13:20 WIB

Pastikan Rumah Bebas Genangan Air, Kunci Tangkal Malaria

Rep: C19/ Red: Indira Rezkisari
Nyamuk Malaria
Nyamuk Malaria

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian besar dari kita boleh jadi mengetahui bahwa lingkungan tidak bersih bisa memicu banyak penyakit. Selain itu, dengan iklim tropis di Indonesia, tak heran bila salah satu penyakit yang kerap membahayakan masyarakat adalah malaria.

"Maka itu pastikan jangan ada genangan air, selalu bersihkan selokan, saluran air di depan, samping, belakang rumah. Genangan air itu merupakan tempat yang sangat baik bagi perkembangbiakkan nyamuk," jelas Dr Octorina Basushanti, praktisi kesehatan, dalam peluncuran cat tembok anti serangga, Puffin Paint Insect Guard di Jakarta.

Pembersihan sekitar rumah dari genangan air, mungkin terbilang sederhana. Tetapi kebiasaan sederhana tersebut, kata dia, justru kerap terlupakan atau bahkan diremehkan oleh masyarakat.

Saat musim pancaroba, penyakit yang ditimbulkan dari nyamuk bakal semakin mewabah. Penyakit malaria pun disebut dokter telah meningkat 30 persen dari tahun sebelumnya.

"Jumlah kematian karena malaria, demam berdarah itu semakin meningkat. Selain kebersihan, memilih cat tembok anti serangga bisa menjadi solusi para ibu untuk menjaga keluarganya," tambah sang dokter. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement