Rabu 04 Nov 2015 10:27 WIB

Kesemutan? Jangan Anggap Remeh, Lho

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Terlalu banyak menghabiskan waktu di depan komputer jinjing bisa menimbulkan ketidakseimbangan hingga tubuh kesemutan.
Foto: pexels
Terlalu banyak menghabiskan waktu di depan komputer jinjing bisa menimbulkan ketidakseimbangan hingga tubuh kesemutan.

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam kehidupan sehari-hari, Anda pasti pernah mengalami yang namanya kaku, kram, kesemutan, kebas (baal) dan mata kedutan atau disingkat 5K. Gangguan ini bisa dialami siapa saja tanpa mengenal usia, bahkan pada anak-anakpun rentan terjadi.

“5 K ini pasti pernah dialami oleh siapapun terlepas dari apapun kegiatan dan profesi yang dilakukan sehari-hari,” ungkap dokter dan selebritis, Lula Kamal, dalam acara Recharge Your Day To Get Better Health and Brighter Future, yang diselenggarakan oleh PT Takeda Indonesia, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Lula, jika Anda menjalani pola hidup sehat, olahraga teratur dan makan dengan gizi seimbang maka Anda akan sedikit kemungkinan alami hal ini. Lula juga mengingatkan agar tidak terlalu banyak bekerja atau kerja terus-terusan, misalnya wartawan sering mengalami kesemutan dan kebas ini karena terlalu sering menulis di depan komputer.

Begitu juga orang yang sering main telepon genggam, sering merasa tak enak di bagian tangan. Kesemutan, lanjut Lula, tidak harus mengenai jari kaki saja. Tapi bagian tubuh yang jarang dipakai juga rentan alami kesemutan. “Jadi paling kasihan adalah yang kebanyakan dipakai dan jarang dipakai rentan alami kesemutan. Jadi harus seimbang,” ujarnya.

Lula mengatakan biasanya kecenderungan orang Indonesia, selalu menganggap enteng dan mengabaikan gejala-gejala yang dianggap ringan tersebut. Padahal sebenarnya hal itu merupakan indikator buat tubuh. Yakni untuk melakukan pemenuhan nutrisi tertentu, karena adanya kekurangan vitamin yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Alias harus didapatkan lewat asupan tambahan ke dalam tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement