Selasa 17 Nov 2015 00:15 WIB

Picu Banyak Penyakit Ganas, Sadari Betapa Bahayanya Nyamuk

Rep: C19/ Red: Winda Destiana Putri
Nyamuk
Foto: AP/LM Otero
Nyamuk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa penyakit ganas bisa menyerang manusia gara-gara nyamuk.

Profesor Upik Kesumawati, ahli parasitologi dan entomologi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan pengendalian terhadap nyamuk sejatinya masih kerap dianggap remeh masyarakat.

Padahal, gangguan nyamuk bukan hanya bisa menyebabkan penyakit yang mungkin sudah terdengar familiar, seperti demam berdarah. Melainkan, gangguan nyamuk juga bisa menyebabkan pelbagai penyakit mematikan, seperti kaki gajah atau filariasis, chikungunya sampai radang otak.

"Penyakit itu juga kadang terabaikan, tapi begitu kena, mereka ketakutan. Kayak chikungunya, misalnya itu bisa membuat penderitanya meringkuk seminggu, kayak lumpuh akibat nyeri sendi," kata Upik di Jakarta, Senin (16/11).

Penularan pnyakit chikungunya, juga misalnya, lanjut Upik, pernah terjadi secara massal dan cepat di sebuah perkampungan di Bogor. Meski penyakit itu tidak menimbulkan kematian, tetapi tetap berbahaya, apalagi penyakit lainnya.

"Kayak penyakit kaki gajah, itu juga banyak misalnya di Maluku. Penyakit yang lain akibat nyamuk juga sangat menakutkan," kata Upik menambahkan.

Kurang lebih ada 23 jenis nyamuk yang bisa menyebabkan penyakit kaki gajah. Seperti nyamuk dari genus anopheles, culex, aedes dan lainnya. Jika tidak ada penanganan khusus, penyakit kaki gajah juga bisa menimbulkan cacat bagi penderitanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement