Senin 30 Nov 2015 08:24 WIB

Ini Manfaat Baik Mewarnai Bagi Orang Dewasa

Rep: C01/ Red: Indira Rezkisari
Bagi beberapa orang dewasa mewarnai menjadi hobi baru yang dinilai bisa membuat rileks.
Foto: flickr
Bagi beberapa orang dewasa mewarnai menjadi hobi baru yang dinilai bisa membuat rileks.

REPUBLIKA.CO.ID, Belakangan mewarnai bagi orang dewasa menjadi tren tersendiri. Buku mewarnai lengkap dengan pensil warna atau krayon khusus dewasa banyak dijual di toko buku. Bahkan aplikasi mewarnai bagi dewasa bisa diunduh pula di telepon cerdas.

Mewarnai dianggap bak terapi untuk menenangkan diri. Benarkah?

Guru pra sekolah, Debra Dettone (52), memiliki kegelisahan akan pekerjaannya yang kemudian berpengaruh pada tekanan darah tingginya. Akan tetapi, hanya dalam waktu satu minggu, tekanan darah Debra tercatat membaik, yaitu 120/84.

"Dokter saya bertanya, 'apa yang kamu lakukan?' Dan saya menjawab 'sedikit berjalan dan mewarnai di malam hari," ungkap Debra yang kini gemar mewarnai.

(baca: 5 Restoran Sehat Bali yang Wajib Coba)

Debra mengatakan kegiatan mewarnai yang ia lakukan bertujuan untuk melepas lelah di malam hari. Debra mengaku bisa menghabiskn waktu sekitar satu jam untuk duduk dan mewarnai apa pun.

"Kegiatan ini membantu saya dan membuat saya rileks. Dengan mewarnai, saya menjadi lebih mudah tidur dan bangun keesokan harinya untuk bekerja," tambah Debra.

Buku mewarnai bagi orang dewasa memang menjadi sebuah tren tahun ini. Berbagai tulisan telah menunjukkan bahwa buku mewarnai untuk orang dewasa dapat membantu orang dewasa menurunkan stress dan mengekspresikan diri. Pasalnya, kegiatan mewarnai juga diyakini dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kesadaran, menghilangkan kegelisahan, bahkan membantu seseorang dalam mengatasi trauma.

Terapis Seni, Cathy Malchiodi, memiliki pandangan tersendiri mengenai pengaruh mewarnai pada orang dewasa. Menurut Cathy, sebagian besar yang menilai bahwa kegiatan mewarnai pada orang dewasa berpengaruh pada kesehatan merupakan orang yang bekerja membuat buku mewarnai untuk orang dewasa.

Cathy mengatakan kegiatan yang menuntut kreativitas memang memiliki dampak yang baik bagi orang dewasa. Hanya saja kegiatan mewarnai pada gambar yang sudah dibuat orang lain bukan termasuk kegiatan kreatif yang Cathy sebutkan. Kegiatan kreatif yang dapat membantu orang dewasa, terang Cathy, ialah kegiatan yang 'membuat' sebuah karya seni.

(baca: Bali, Destinasi Favorit Turis India di Liburan Musim Dingin)

"Membuat karya seni dapat sangat membantu menjaga kesehatan mental dan fisik seseorang," terang Cathy.

Terapis seni lainnya, Drena Fagen, juga memiliki pandangannya tersendiri mengenai buku mewarnai orang dewasa dan kegiatan mewarnai bagi orang dewasa. Menurut Drena, kegiatan mewarnai pada orang dewasa bukan termasuk dalam terapi seni. Akan tetapi, Drena menilai buku mewarnai bagi orang dewasa memiliki satu efek 'pengobatan' tersendiri bagi orang dewasa.

"Sepertinya ini membawa sesuatu yang baik bagi dunia," ujar Drena, dikutip dari Guardian.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مَا كَانَ لِاَهْلِ الْمَدِيْنَةِ وَمَنْ حَوْلَهُمْ مِّنَ الْاَعْرَابِ اَنْ يَّتَخَلَّفُوْا عَنْ رَّسُوْلِ اللّٰهِ وَلَا يَرْغَبُوْا بِاَنْفُسِهِمْ عَنْ نَّفْسِهٖۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ لَا يُصِيْبُهُمْ ظَمَاٌ وَّلَا نَصَبٌ وَّلَا مَخْمَصَةٌ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلَا يَطَـُٔوْنَ مَوْطِئًا يَّغِيْظُ الْكُفَّارَ وَلَا يَنَالُوْنَ مِنْ عَدُوٍّ نَّيْلًا اِلَّا كُتِبَ لَهُمْ بِهٖ عَمَلٌ صَالِحٌۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُضِيْعُ اَجْرَ الْمُحْسِنِيْنَ
Tidak pantas bagi penduduk Madinah dan orang-orang Arab Badui yang berdiam di sekitar mereka, tidak turut menyertai Rasulullah (pergi berperang) dan tidak pantas (pula) bagi mereka lebih mencintai diri mereka daripada (mencintai) diri Rasul. Yang demikian itu karena mereka tidak ditimpa kehausan, kepayahan dan kelaparan di jalan Allah, dan tidak (pula) menginjak suatu tempat yang membangkitkan amarah orang-orang kafir, dan tidak menimpakan suatu bencana kepada musuh, kecuali (semua) itu akan dituliskan bagi mereka sebagai suatu amal kebajikan. Sungguh, Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik,

(QS. At-Taubah ayat 120)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement