Senin 04 Jan 2016 07:07 WIB

Awas, 3 Bagian Tubuh Ini Rawan Timbulkan Bau Badan

Rep: C23/ Red: Indira Rezkisari
Daging merah merupakan salah satu makanan yang berpotensi mengakibatkan bau badan tak sedap.
Foto: wikipedia
Daging merah merupakan salah satu makanan yang berpotensi mengakibatkan bau badan tak sedap.

REPUBLIKA.CO.ID, Tahukah Anda bahwa bau tubuh merupakan salah satu cerminan dari kesehatan Anda sendiri? Bau tidak sedap ini bisa berasal dari mana saja, seperti mulut, ketiak, kaki, bahkan alat vital Anda. Hal ini tentu akan menyebabkan ketidaknyamanan, bukan hanya untuk diri Anda, tapi juga orang-orang yang berada di sekitar.

Seperti dilansir situs Lifescript.com, berikut ini beberapa bagian tubuh Anda yang cukup rawan menjadi sumber bau tidak sedap.

Vagina

Khusus untuk kaum perempuan, mereka harus merawat dan menjaga kebersihan alat vitalnya masing-masing. Karena vagina ternyata bisa salah satu bagian tubuh yang dapat menjadi sumber bau tidak sedap.

Profesor Miriam Greene dari NYU Langone Medical Center, New York, Amerika Serikat (AS) menyarankan agar perempuan yang mengalami hal ini mencari tanda-tanda seperti tekanan abnormal atau ketidaknyamanan yang menyertai bau dari alat kelamin mereka.

Ia juga mengusulkan agar perempuan yang mengalami hal tersebut untuk memeriksakan organ vitalnya ke dokter. Hal itu dilakukan guna mengetahui apakah ada infeksi pada vagina yang menyebakan timbulnya bau tak sedap.

Selain itu, timbulnya bau tak sedap pada vagina juga bisa disebabkan infeksi jamur yang lahir karena beberapa hal, salah satunya karena memakai celana basah atau berkeringat terlalu lama. Solusi untuk masalah ini adalah mencoba pengobatan anti-jamur OTC (over the counter).

(baca: Berat Badan Calon Ayah Ternyata Pengaruhi Kesehatan Anak)

Mulut dan hidung (napas)

Anda tentu bisa menebak apa yang akan terjadi bila jarang menjaga kebersihan dan kesehatan mulut Anda, termasuk gigi-gigi di dalamnya. Hal tersebut tentu akan menyebabkan aroma mulut Anda benar-benar membuat orang-orang di sekitar Anda mual dan tersiksa. Anda pun akan segera dinilai sebgai seseorang yang jorok karena tak pernah menyikat gigi atau memeriksakan kesehatannya pada dokter.

Namun, bau tak sedap yang tersalur melalui mulut atau hidung Anda juga bisa disebabkan oleh sinusitis atau virus yang menyebabkan peradangan pada jaringan sinus, terutama ruang kosong dalam tulang yang terhubung dengan hidung. Sinusitis dapat menyebabkan aroma napas Anda mengerikan karena lendir perlahan-lahan menguras bagian belakang tenggorokan Anda.

Kendati dapat pulih seiring waktu, namun mengkonsultasikan pada dokter terkait hal ini adalah langkah yang baik.

Kaki

Bau kaki adalah hal yang menyebalkan untuk orang-orang yang mencium atau mengendusnya. Bagi Anda yang memiliki rutinitas cukup padat dan selalu menggunakan sepatu setiap harinya, kaki Anda pasti mengeluarkan aroma tak sedap. Sebab ketika menjalani rutinitas, kaki pasti berkeringat dan menjadi lingkungan ideal untuk lahirnya bakteri atau jamur.

Untuk menangani hal ini, obat anti-jamur OTC juga bisa menjadi solusi. Selain itu, usahakan Anda tidak selalu menggunakan kaus kaki berbahan katun dan tidak menggunakan sepatu yang sama setiap hari, serta tidak meyimpan atau meletakkan sepatu dalam tempat yang gelap.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement