Senin 11 Jan 2016 13:07 WIB

Sulit Atasi Kutu pada Anak? Ini Cara Ampuhnya

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Kutu rambut (ilustrasi)
Foto: safebee
Kutu rambut (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kutu pada anak merupakan mimpi buruk bagi semua orang tua. Centers for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat (AS) memperkirakan 6 juta hingga 12 juta kasus kutu rambut di kepala terjadi dalam satu tahun yang diderita oleh anak-anak Amerika berusia tiga tahun hingga 11 tahun. Lembaga ini juga mengungkapkan bahwa ancaman kutu paling rentan menyerang anak-anak pra sekolah yang mengikuti PAUD hingga murid SD

Ahli penyakit kulit dari Food and Drug Administration (FDA), Patricia Brown, juga menepis anggapan bahwa kutu hanya dapat menjangkiti orang dewasa atau anak yang tinggal dalam lingkungan yang tidak bersih. Kutu rambut,  Brown mengatakan, dapat diderita oleh siapa pun yang kepalanya berkontak langsung dengan kepala orang lain yang berkutu.

Oleh karena itu, Brown menilai siapa pun perlu mengetahui cara mengatasi kutu hingga tuntas. FDA sendiri telah memiliki satu cara perawatan terhadap kepala berkutu dengan menggunakan beberapa obat yang diakui seperti, Nix and Rid, yang dibuat dalam bentu sampo, krim dan losion. Sayangnya, banyak dari obat-obat kutu yang tidak bisa digunakan pada anak berusia di bawah dua tahun.

(Baca Juga: Tips Menyingkirkan Kutu Rambut pada Anak).

Berdasarkan hal tersebut, penting bagi orang tua untuk mengetahui cara aman mengusir kutu pada anak. Salah satu cara aman untuk mengusir kutu pada anak ialah menggunakan obat kutu yang sesuai umur anak dan membersihkan obat tersebut dengan menyeuruh. 

Setelah itu, orang tua dapat menggunakan sisir kutu bergigi rapat untuk membuang kutu yang mati serta telur kutu yang masih menempel. Orang tua juga dapat mengaplikasikan obat kutu hanya pada sisir kutu saja dan tidak pada kepala anak secara langsung.

Di samping itu, penting bagi orang tua untuk berkonsultasi pada dokter anak atau apoteker mengenai perawatan kutu yang paling sesuai dengan umur dan berat badan anak. Setelah mendapatkan rekomendasi, orang tua harus menggunakan obat kutu sesuai dengan petunjuk pada kemasan obat dan jangan mengaplikasikan obat melebihi petunjuk. 

Penggunaan obat kutu pada anak juga hanya boleh dilakukan di bawah pengawasan orang dewasa. Selain pengobatan, orang tua juga penting untuk melakukan pencegahan agar anak tidak tertular kutu kepala. Salah satu cara yang dapat dilakukan ialah mengajarkan anak untuk tidak berkontak kepala langsung dengan teman-temannya saat di luar rumah. 

Orang tua juga dapat mengajarkan anak untuk tidak saling meminjam topi, kerudung hingga jepit rambut dan headphone dari temannya. Orang tua pun perlu secara berkala mengecek ada atau tidaknya kutu pada kepala anak dan anggota keluarga lain secara berkala.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement