Ahad 17 Jan 2016 00:06 WIB

Terungkap, 5 Fakta Berbeda tentang Bayam

Rep: C32/ Red: Indira Rezkisari
Daun bayam
Foto: recipes.wikia
Daun bayam

REPUBLIKA.CO.ID, Bayam adalah salah satu sayuran yang sudah terkenal akan kesehatannya bagi tubuh. Kandungan viamin yang ada di dalam sayuran tersebut menjadi kelebihan tersendiri untuk dikonsumsi menjadi salah satu makanan sehat.

 

Seperti dilansir Men's Fitnes, Ahad (17/1) ternyata ada lima fakta berbeda tentang bayam. Beberapa fakta ini ternyata merupakan suatu hal yang baru selain bayam memiliki kandungan vitamin A, C, dan K.

 

Mengurangi rasa lapar

Menurut penelitian di Journal American College of Nutrition, sayuran bayam ternyata selain sehat bisa mengurangi rasa lapar dan keinginan untuk selalu memakan sesuatu. Ditemukan dalam senyawa sel fotosintesis bayam ternyata bisa menghasilkan hormon kenyang.

Memudahkan berkegiatan

Dalam sebuah penelitian dikatakan bayam bisa membuat otot lebih efisien selama berkegiatan atau olahraga. Selain itu, sepiring bayam sama seperti mengonsumsi sayuran anorganik nitrat. Dengan begitu jika dikonsumsi bisa meningkatkan kinerja efisiensi mitokondria yang bisa menguatkan sel-sel tubuh.

Bisa mencegah kanker

Dalam sebuah studi di Oregon State University, peneliti menemukan daging yang dimasak dapat menghasilkan karsinogen penyebab kanker. Daging dengan kandungan tersebut dapat merusak microRNA dalam tubuh manusia.

Untuk mengatasinya, microRNA dapat dikembalikan sesuai dengan fungsi sel normal dengan pilihan gaya hidup sehat dan diet. Bayam menjadi pilihan tepat untuk mengimbangi efek buruk dari karsinogen penyebab kanker.

 

Bayam mengandung bakteri

Sayangnya, karena bakteri melekat di celah daun bayam menjadi salah satu penyebab paling umum dari penyakit yang berhubungan dengan makanan. Lebih dari 2,1 juta orang sakit dalam 10 tahun terakhir ini karena persoalan makanan yang dikonsumsi.

 

Tapi tak perlu khawatir, University of California baru saja mengembangkan pembersih baru berbasis titanium antioksidan yang bisa membunuh 99 persen bakteri jahat. Bahkan alat tersebut bisa membersihkan sayuran yang terpapar deterjen.

Menetralisir bahan peledak

Enzim pada bayam disebut-sebut bisa menetralisir bahan peledak. Studi enzim nitroreductase yang dilakukan Pacific Northwest National Laboratory menemukan secara alami bayam bisa dimakan, dicerna, dan bisa mengubah bahan peledak seperti TNT.

 

Enzim tersebut memiliki efek reaktivitas yang menurunkan bahan peledak lalu mengubahnya ke produk sampingan toksisitas rendah. Produk sampingan tersebut dapat mengatasi lebih lanjut untuk produk berbahaya seperti karbon dioksida dan air. Hanya saja jangan pernah mencobanya sendiri karena belum ada penelitian baru menunjukkan keterlibatan bayam bisa menetralkan TNT.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement