Jumat 29 Jan 2016 23:09 WIB

Lampu Flash Menangkap Gejala Kanker di Mata Seorang Bayi

Rep: c21/ Red: Andi Nur Aminah
 Ryder Temarantz, bayi berusia 4 bulan yang matanya terdeteksi mengalami kanker
Foto: Dailymail
Ryder Temarantz, bayi berusia 4 bulan yang matanya terdeteksi mengalami kanker

REPUBLIKA.CO.ID, ARIZONA -- Sebuah lampu flash dari kamera DSLR menangkap gambar mencurigakan di mata sebelah kiri bayi berumur empat bulan, Ryder Temarantz yang tinggal di Arizona. Ibunya, Andrea mengatakan saat mengambil gambar si anak, dia melihat mata kiri Ryder bewarna putih. Awalnya dia berpikir itu akibat kamera yang buruk.

Namun sang ibu akhirnya memutuskan untuk memeriksa kondisi anaknya ke Dokter.  Sesudah diperiksa ternyata Ryder telah didiagnosis dengan penyakit retinoblastoma, pada Selasa (5/1).

"Ini terlihat hampir seperti senter di matanya. Sebuah senter kecil, " kata Andrea tentang foto anaknya itu, Jumat (29/1) dilansir Dailymail.

Retinoblastoma adalah kanker mata yang dimulai dari retina atau belakang mata, dan paling sering terjadi pada anak-anak. Sebuah tumor putih di belakang mata Ryder itu menghasilkan 'cahaya' yang terlihat di foto.

Karena penyakit anaknya, rencananya Andrea akan membawa Ryder ke Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering, di New York. Sebab di sana mereka memiliki tim dokter terkait penyakit retinoblastoma terbesar di dunia.

“Ada ditemukan bahwa tumor di mata kiri Ryder belum menyebar ke organ-organ penting lainnya, seperti otak,” kata  kepala Layanan Kedokteran Onkologi di Memorial Sloan Kettering, David H Abramson kepada ABC.

50 persen anak-anak yang memiliki retinoblastoma di seluruh dunia meninggal pada tahun lalu. Abramson mengatakan ini salah satu kanker yang dapat berakibat fatal jika tidak terdeteksi dini. Karena itu, Ryder dinilainya beruntung ibunya memeriksa kondisi anak dari awal.

“Ryder sekarang prepping untuk menjalani tiga hingga enam putaran chemosurgery arteri ophthalmic,”  kata Abramson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement