Jumat 01 Apr 2016 09:16 WIB

Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bahayakan Mata

Rep: c34/ Red: Andi Nur Aminah
Hindari tidur dengan kondisi mata masih penuh riasan
Foto: dok Body Shop Indonesia
Hindari tidur dengan kondisi mata masih penuh riasan

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak dari kita tidak menyadari bahwa ada kebiasaan sehari-hari yang punya efek buruk pada kesehatan mata. Meski dampaknya tidak instan, hindari lima kebiasaan berikut agar Anda tidak mengalami masalah penglihatan jangka panjang, seperti dilansir Goodtoknow

 

Tidur tanpa menghapus riasan

Kebiasaan tidur malam tanpa membersihkan riasan sama saja dengan mempertaruhkan kesehatan mata. Hal itu dapat menyebabkan infeksi mengerikan yang memiliki potensi untuk merusak mata dalam jangka panjang.

 

Lupa melepas lensa kontak

Memakai lensa kontak yang kurang bersih atau lupa melepasnya juga bisa meningkatkan risiko kerusakan mata. Apalagi, para pemakai lensa kontak lebih mungkin memiliki bakteri di mata mereka.

 

Tidak memakai kacamata saat terik

Berterik-terik ria tanpa kacamata hitam memiliki efek merugikan pada kesehatan mata. Soalnya, paparan sinar UV dari sinar matahari dapat menyebabkan katarak dan kanker kelopak mata. Sinar berbahaya itu juga diyakini berperan dalam degenerasi makula, penyebab utama kehilangan penglihatan bagi orang-orang di atas usia 60. 

 

Terus-terusan melihat layar gawai

Bekerja di depan komputer, mengecek ponsel, main tablet, hari-hari Anda tampaknya tak bisa lepas dari layar gawai. Tetapkan waktu istirahat dan batasi paparan layar untuk menghindari ketegangan mata, sakit kepala, penglihatan kabur, dan mata kering.

 

Tidak makan sehat

Jangan lupakan konsumsi makanan sehat yang baik untuk mata Anda. Mengasup tubuh dengan wortel, telur, sayuran hijau, buah, kacang-kacangan, dan ikan berminyak akan menjamin kesehatan mata dan mengurangi sejumlah komplikasi kesehatan lainnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement