Kamis 07 Apr 2016 12:12 WIB

Studi: Tingkat Kebugaran Orang Dewasa Mengkhawatirkan

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Kebiasaan baik berolahraga perlu digiatkan mengingatkan makin banyaknya orang dengan berat tubuh berlebih yang membahayakan kesehatan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kebiasaan baik berolahraga perlu digiatkan mengingatkan makin banyaknya orang dengan berat tubuh berlebih yang membahayakan kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, Para ahli kesehatan di Inggris menguak gambaran mengkhawatirkan tentang tingkat kebugaran orang dewasa. Studi yang dilakukan British Heart Foundation (BHF) menyebutkan, satu dari lima orang dewasa hanya kuat berlari sejauh 100 meter.

Selain itu, hampir setengah jumlah orang dewasa mengatakan mereka sering kehabisan napas saat mengejar bus. Persentase menurut gender itu yakni 48 persen perempuan dan 42 persen pria.

Sebanyak 47 persen orang dewasa juga mengaku, jika mereka terpaksa berlari, mereka hanya mampu maksimal setengah mil (800 meter). Lebih parah lagi, tiga dari 10 orang yang bisa berlari hingga satu mil (1,6 kilometer) rupanya terakhir melakukannya lebih dari satu dekade lalu.

Dua perlima dari mereka yang disurvei mengatakan mereka tidak merasa cukup fit untuk bergabung dengan gym atau mulai berolahraga. Sementara hampir tiga dari 10 orang mengatakan berjalan beberapa anak tangga saja akan membuat mereka merasa kehabisan napas.

Lebih dari seperempat (28 persen) orang di Inggris merasa berjalan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang benar-benar fit dan sehat. Padahal, berjalan sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan peredaran darah.

Dua penyakit tersebut mempengaruhi sekitar tujuh juta orang di Inggris dan menyebabkan sekira 155.000 kematian setiap tahun. Christopher Allen, perawat senior di BHF mengatakan, penyakit jantung bisa menyerang siapa saja pada usia berapa pun.

"Tetap aktif secara fisik adalah salah satu cara terbaik untuk membantu mempertahankan jantung tetap kuat dan sehat," kata Allen yang menginformasikan adanya kampanye MyMarathon yang digagas BHF untuk mengatasi permasalahan kebugaran tersebut, dikutip dari Huffington Post.

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement