Kamis 07 Apr 2016 12:54 WIB

Garam Laut Alami Kaya Kandungan Mineral Dibutuhkan Tubuh

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
Garam laut
Foto: pixabay
Garam laut

REPUBLIKA.CO.ID, Kekayaan alam telah memberikan banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Salah satunya adalah sea salt atau garam laut yang diproduksi melalui penguapan air laut.

“Pada umumnya garam memiliki komponen basa dan asam dalam bentuk Natrium Klorida (NaCl), namun karena tidak melalui proses kimia, sea salt masih mengandung banyak mineral yang didapatkan dari air laut,” ujar ahli gizi dan diet, Emilia Achmadi, saat ditemui di Jakarta, Rabu (6/4).

Ia menambahkan, menurut Western Analysis, Inc. (laboratorium pengetesan di Utah, Amerika Serikat), sea salt mengandung 75 mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia sehingga dapat mengoptimalkan metabolisme tubuh.  

Selain NaCl, kata Emilia, sea salt juga mengandung magnesium yang bermanfaat untuk mengatur ratusan proses biokimia dalam sistem metabolisme dan kardiovaskular. Kalsium yang dikandung sea salt tentunya juga sangat bermanfaat untuk tulang dan gigi.

Kandungan mineral utama lainnya dalam sea salt adalah potasium yang berguna untuk mendukung sistem syaraf. Selain itu sea salt juga mengandung zat besi dan yodium yang membantu menstabilkan kondisi tubuh.

“Sea salt juga mengandung sulfur yang mendukung sistem imun tubuh dan juga detoksifikasi,” jelasnya.

Menurutnya, kandungan mineral dalam sea salt merepresentasikan elemen penting dalam kehidupan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kombinasi kandungannya menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh yang penting untuk mempertahankan komposisi dan sirkulasi darah, kekuatan otot, serta keseluruhan fungsi tubuh.   

(baca: Tanda Tubuh Mengabari Jika Dehidrasi Menyerang)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement