Ahad 08 May 2016 20:24 WIB

Konsumsi Daging Picu Risiko Kematian

Red: Indira Rezkisari
Daging steak
Foto: pixabay
Daging steak

REPUBLIKA.CO.ID, Tinjauan terhadap studi-studi berskala besar yang melibatkan lebih dari 1,5 juta orang menunjukkan bahwa tingkat kematian karena segala penyebab lebih tinggi pada mereka yang sehari-hari mengonsumsi daging, khususnya daging merah dan daging olahan.

Dalam kajian yang dipublikasikan di Journal of the American Osteopathic Association, para dokter dari Mayo Clinic di Arizona menganalisis enam studi yang mengevaluasi efek diet daging dan vegetarian pada tingkat kematian guna membuat panduan pemberian layanan primer dokter berbasis bukti tentang apakah mereka harus mencegah pasien mengonsumsi daging.

Analisis itu merekomendasikan para dokter menasihati pasien mereka agar membatasi konsumsi produk hewani jika memungkinkan dan makan lebih banyak sayur dibanding daging.

"Data ini menegaskan apa yang sudah kita tahu sejak lama, dietmu berpotensi besar membahayakan atau menyembuhkan," kata Brookshield Laurent dari bagian ilmu kedokteran keluarga dan klinis di New York Institute of Technology College of Osteopathic Medicine.