Rabu 20 Jul 2016 07:54 WIB

Kenali Gejala Penyakit Alzheimer

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Seorang penderita alzheimer
Foto: Boldsky
Seorang penderita alzheimer

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak sedikit orang yang mengetahui tentang penyakit alzheimer. Penyakit alzheimer adalah jenis demensia yang umumnya ditandai oleh melemahnya daya ingat, hingga gangguan otak dalam melakukan perencanaan, penalaran, persepsi, dan berbahasa.

Tanda-tanda penyakit ini biasanya muncul saat seseorang berusia di atas 60 tahun. Beberapa dari tanda-tanda yang paling sering diamati dari penyakit ini termasuk ketidakmampuan progresif untuk mengigat fakta dan peristiwa, mengidentifikasi keluarga dan teman-teman.

Masalah memori ini akan semakin serius seiring berjalannya waktu. Pada akhirnya, seseorang yang menderita penyakit alzheimer tidak akan mengenali anggota keluarga atau teman dekatnya.

Dilansir Boldsky, beberapa tanda lain dari penyakit ini termasuk ketidakmampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas rutin atau bekerja dengan angka seperti hitungan. Gejala ini juga termasuk kebingungan dengan waktu, tanggal dan tempat.

Penderitanya cenderung mengalami masalah dalam membaca, menulis, berkomunikasi, perubahan emosi, penilaian buruk, dan mengurung diri dari lingkungan. Gejala alzheimer akan semakin parah ketika seseorang penderitanya yang tidak mungkin merawat diri mereka sendiri.

Penyakit ini diawali oleh lupa ingatan ringan sampai akhirnya berakhir menjadi demensia yang cukup serius. Tahap terakhir dari penyakit ini akan membuat penderitanya terbaring di tempat tidur dan cenderung memicu penyakit-penyakit lainnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement