Kamis 04 Aug 2016 07:27 WIB

Waspadai Perubahan pada Mulut Akibat Penyakit Ini

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Pendarahan atau sariawan di mulut
Foto: Boldsky
Pendarahan atau sariawan di mulut

REPUBLIKA.CO.ID, Konon, sebagian besar penyakit memunculkan gejalanya dalam beberapa hal. Setiap orang disarankan untuk mengunjungi dokter untuk pemeriksaan awal. Hal ini bertujuan agar menghindari perkembangan penyakit menjadi lebih ganas.

Selain itu, beberapa penyakit bisa memunculkan gejalanya lewat mulut. Dilansir Boldsky, berikut ini beberapa gejala penyakit yang bisa terbaca dari munculnya beragam masalah di mulut, apa sajakah itu?

    

Penyakit Crohn

    

Penyakit crohn adalah gangguan inflamasi usus dan gejala awalnya ada ada mulut. Gejala awal penyakit tersebut akan ditandai terutama pada bagian dalam pipi dan bibir.

    

Diabetes

Pendarahan pada gusi, mulut kering, gigi renggang dan lainnya menjadi awal dari penyakit diabetes. Disarankan untuk memeriksa ke dokter untuk pengobatan lebih mendalam.

Anemia

    

Anemia adalah gangguan pada darah dimana sel-sel darah merah menurun akibat kekurangan zat besi. Gejala awal dari penyakit tersebut adalah perubahan warna mulut menjadi lebih pucat dan kering.

HIV

    

Penyakit menular ini memang tidak bisa disembuhkan. Beberapa pertanda dari gejala ini adalah lesi pada mulut.

    

Stres

Stres yang berlebihan dapat menyebabkan pembentukan bisul dan kekeringan di bagian mulut. Ini terjadi akibat perubahan hormonal yang terjadi di otak.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement