Jumat 02 Sep 2016 12:29 WIB

Seperti Apa Wajah Bayi Anda Nanti?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah
ilustrasi bayi dalam kandungan.
Foto: grc.jp
ilustrasi bayi dalam kandungan.

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak ada yang bisa menggantikan kebahagiaan bertemu bayi Anda pertama kalinya. Menjelang hari-H tiba, banyak pasangan orang tua berspekulasi seperti apa rupa bayi mereka nanti.

Dokter konsultan sekaligus ahli genetika molekuler dan biokimia, Judith Virjee mengatakan banyak pasangan orang tua penasaran bentuk mata bayinya, dagunya dan rambutnya. Meski tak ada jawaban pasti yang akan mereka peroleh sebelum hari persalinan tiba. Virjee mengatakan bayi biasanya memperoleh sifat-sifat fisiknya masing-masing setengah dari gen ibunya dan ayahnya.

Beberapa karakteristik, seperti warna mata dan rambut biasanya dikendalikan oleh satu pasang gen yang disebut alel. Alel terdiri dari dominan dan resesif. Alel dominan akan selalu memenangkan persaingan dengan alel resesif dan menentukan hasil akhir.

Rambut hitam adalah alel dominan, sedangkan rambut pirang adalah alel resesif. Jadi, jika Anda dan pasangan sama-sama berambut hitam, maka anak Anda akan berambut hitam juga. Faktor lainnya yang memengaruhi rupa bayi sebagai berikut, dilansir dari Mother and Baby UK, Jumat (2/9).