Jumat 14 Oct 2016 14:04 WIB

Tinggi Badan Berdampak pada Kesehatan? Ini Penjelasannya

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Ukuran tinggi badan
Foto: fitoleaf.blogspot.com
Ukuran tinggi badan

REPUBLIKA.CO.ID, Apa Anda termasuk orang dengan tubuh pendek, sangat tinggi atau rata-rata pada umumnya? Tinggi badan ternyata tidak hanya berdampak pada penampilan Anda tapi juga kesehatan. Hal ini telah dibuktikan oleh para peneliti melalui penelitiannya seperti dikutip laman Boldsky, Jumat (14/10).

Seseorang dengan ukuran tubuh tinggi dianggap memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Penelitian membuktikan, keuntungan ini kemungkinan bisa diperoleh bagi mereka yang memiliki tinggi lebih dari 172,7 centimeter. Risiko ini lebih rendah dibandingkan orang yang tingginya di bawah 160,02 centimeter.

Wanita yang tingginya di atas rata-rata juga memiliki risiko lebih rendah pada penyakit diabetes tipe dua. Selain itu, tubuh tinggi memiliki risiko lebih kecil terkena penyakit alzheimer. Hal ini diperoleh bagi pria yang tingginya lebih dari 177,8 centimeter (wanita lebih dari 170,2 centimeter). Hasil studi ini jika dibandingkan dengan pria yang lebih pendek dari 172,72 centimeter (wanita di bawah 154,94 centimeter).

Meski risikonya tampak rendah pada aspek tersebut, tubuh tinggi ternyata memiliki kecenderungan risiko lebih besar pada penyakit kanker. Survei mengatakan, penderita kanker kebanyakan dialami oleh orang-orang yang lebih tinggi tubuhnya. Hal ini terutama yang diderita para wanita, seperti kanker payudara, melanoma, kanker rahim dan sebagainya.