Jumat 14 Oct 2016 14:25 WIB

3 Gerakan yang Bantu Ratakan Perut Buncit

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Indira Rezkisari
Ada banyak cara untuk menjaga kebugaran dan tubuh tetap prima.
Foto: Republika/Prayogi
Ada banyak cara untuk menjaga kebugaran dan tubuh tetap prima.

REPUBLIKA.CO.ID, Perut buncit bukan sesuatu yang diinginkan oleh banyak orang. Beragam cara telah dilakukan agar kebuncitan itu bisa hilang. Dari diet, olahraga, bahkan mungkin hingga menggunakan obat-obatan herbal telah dilakukan.

Gerakan-gerakan yoga ternyata bisa menjadi salah satu jalan keluar bagi mereka yang memiliki keinginan kuat untuk meratakan perutnya. Berikut ini gerakan yang dapat Anda coba seperti dikutip laman Womanitely, Jumat (14/10).

Pose Boat

Gerakan ini paling favorit dan mudah ditiru bagi mereka yang hendak mengecilkan perutnya. Pose ini memiliki banyak variasi dengan menyesuaikan bagian dan kekuatan pinggul. Olahraga dengan berbagai macam level merupakan salah satu cara terbaik untuk menggapai tujuan Anda.

Untuk bisa melakukan pose ini, mulailah dengan posisi duduk di lantai atau tanah. Luruskan kaki ke depan dan tariklah ke arah atas dengan tubuh tetap pada posisi duduk. Tahan agar kaki tetap mengarah ke atas dengan memegang di kedua lutut Anda. Jangan lupa condongkan badan  ke belakang hingga secara keseluruhan tubuh Anda terlihat sebagai bentuk V.

Tetaplah untuk menjaga keseimbangan pada gerakan ini. Agar hasil lebih baik, tahanlah pose tersebut hingga 20 atau 30 detik. Terus lakukan dan ulangi gerakan dua sampai tiga kali.

Bow Pose (Pose Busur)

Anda perlu hati-hati dengan posisi rawan ini. Gerakan ini berarti melengkungkan tubuh Anda ke arah belakang. Poisi ini juga akan meregangkan bahu ketika Anda menggenggam pergelangan kaki.

Pertama, pandulah tubuh Anda dalam posisi telungkup termasuk tumit. Gapailah pergelangan kaki Anda dengan menggunakan kedua belah tangan. Gerakan ini bertujuan agar paha hingga bagian telapak kaki bisa diangkat dari lantai. Tarik napas dan angkat dada Anda hingga tubuh Anda secara keseluruhan hampir berbentuk U.

Setelah berada di posisi tersebut, tarik dan keluarkanlah napas secara terus menerus. Ulangi gerakan ini dua sampai tiga kali setiap harinya demi memperoleh perut rata.

Locust Pose (Pose Belalang)

Sikap ini hampir serupa dengan pose busur dengan perbedaanya yang sangat sedikit. Anda tidak perlu terlalu mengangkat naik dada Anda seperti halnya pose sebelumnya. Gerakan ini lebih menekankan pada kekuatan tulang belakang yang membantu membentuk otot di sekitar pinggang.

Untuk mendapatkan posisi ini, Anda bisa memulainya dengan posisi tiarap di atas tikar. Biarkan posisi lengan secara alami di samping Anda termasuk bahu. Angkat perlahan  kepala dan kedua kaki Anda dengan tetap memposisikan tangan di samping tubuh Anda. Jangan terlalu naik memposisikan kepala Anda.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement