Kamis 27 Oct 2016 13:14 WIB

Makanan Ini Bisa Kurangi Stres dan Rasa Letih

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Indira Rezkisari
Semangka
Foto: flickr
Semangka

REPUBLIKA.CO.ID, Waktu kerja yang lama dan perjalanan panjang menuju tempat kerja tentu membuat siapapun  stres dan letih. Hal yang wajar jika Anda kedapatan di rumah dengan energi yang terkuras. Tidur pun menjadi satu-satunya kegiatan yang mungkin sangat ingin Anda lakukan saat tiba di rumah.

Untuk menghadapi ini, sebenarnya ada banyak cara untuk menghilangkan stres dan letih akibat kerja. Salah satunya dengan beberapa makanan yang ternyata mampu membantu Anda dalam menghadapi masalah ini seperti dilansir Boldsky, Kamis (27/10).

Cara alami tersebut jelas aman dan mudah didapatkan di sekitar rumah, seperti halnya pisang. Pisang yang kaya akan kalium ini baik untuk kesehatan. Buah ini juga mengandung sejumlah vitamin, serat dan karbohidrat yang  dapat membantu mengalahkan rasa lelah dan stres.

Yogurt merupakan salah satu probiotik yang paling dikenal akan kandungan protein dan karbohidrat. Makanan ini jelas bisa menyediakan energi yang terkuras secara cepat. Begitu pula dengan semangka yang mengandung air dan elektrolit. Buah ini dikenal sebagai makanan tepat saat mengalami dehidrasi akibat kelelahan.

Almond juga baik dalam memerangi rasa lelah pada tubuh. Salah satu alasannya, kandungan kandungan lemak mono-jenuh yang ternyata menyehatkan bagi tubuh. Selain itu, seseorang juga bisa menikmati bayam yang mengandung serat, zat besi, vitamin dan nutrisi lainnya saat merasa lelah dan stres. Manfaat sayuran ini bisa dinikmati saat mentah maupun matang.

Kemudian teh hijau dengan senyawa polifenol juga baik dalam membantu mengusir rasa lelah dan stres. Manfaat ini serupa dengan oatmeal yang kaya akan serat dan protein. Ini bisa jadi makanan terbaik yang bisa membantu menghilangkan rasa lelah saat  berkendaraan jauh.

Selain sejumlah makanan tersebut,  air masih menjadi salah satu bahan yang paling penting dalam membantu melawan dehidrasi. Apalagi kekurangan air sudah dikenal sebagai salah satu penyebab utama kelelahan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement