Jumat 18 Nov 2016 06:11 WIB

Sering Ngantuk di Siang Hari? Ini Penjelasannya

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Indira Rezkisari
Wanita mengantuk
Foto: Flickr
Wanita mengantuk

REPUBLIKA.CO.ID, Apa Anda sering merasa mengantuk tak tertahankan di siang hari? Bisa jadi Anda menderita gangguan neurologis yang biasa disebut narkolepsi.

Dilansir Boldsky, Jumat (18/11), gangguan ini biasanya membuat seseorang tidak bisa mengontrol tidurnya. Pengalaman ini seringkali dialami mereka pada siang hari dengan rasa kantuk yang berlebihan. Mereka bisa saja tiba-tiba tertidur pulas di tengah kegiatannya.

Gangguan ini pada umumnya dapat dialami seseorang berusia antara 15 sampai 25 tahun. Untuk penyebabnya sendiri masih belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, para peneliti telah mencoba memahami gen yang terkait dengan gangguan ini.

Gen tersebut diketahui memiliki tugas mengendalikan produksi zat kimia dalam otak yang dapat menyebabkan siklus tidur dan terjaga. Sekelompok ahli percaya,  narkolepsi disebabkan adanya kekurangan produksi suatu zat di otak. Zat kimia ini biasa dikenal dengan sebutan hypocretin. Para peneliti juga menemukan kelainan pada fungsi berbagai bagian dari otak yang mengakibatkan gangguan tidur.

Adapun gejala penderita ini seperti  terlalu banyak tidur di siang hari, depresi, kelelahan, masalah dalam konsentrasi dan kehilangan kendali pada otot. Kemudian timbulnya halusinasi, masalah dalam bicara dan ingatan, serta sleep paralysis (kelumpuhan tidur).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement