Selasa 13 Dec 2016 08:19 WIB

Cara Sederhana Menangani Gondongan

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Indira Rezkisari
Penderita gondongan disarankan banyak istirahat dan mengonsumsi banyak air mineral.
Foto: Pixabay
Penderita gondongan disarankan banyak istirahat dan mengonsumsi banyak air mineral.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Gondongan merupakan penyakit yang biasa ditemui pada masyarakat Indonesia. Pada penyakit ini parotid atau kelenjar air liur membengkak karena infeksi virus, sehingga menyebabkan nyeri dan demam. Cara penyembuhan penyakit ini sangat sederhana, yakni cukup dengan tidur, makan, dan minum yang banyak.

Ahli kesehatan Muslimah, dr. Ferihana Ummu Sulaym, menjelaskan penderita gondongan harus beristirahat secara maksimal agar virus di dalam tubuh mereka tidak berkembang. “Misalnya anak yang kena gondongan, seharusnya jangan dibiarkan sekolah. Anak harus istirahat di rumah,” kata pemilik Dokter Muslimah Beauty Clinic (DMBC) itu pada kajian kesehatan keluarga di Masjid Kadipaten, Selasa (13/12).

Menurutnya, jika penderita terus beraktivitas, gondongan justru akan sulit disembuhkan. Selain itu, virus juga bisa menular pada orang lain. Untuk sementara, penderita gondongan harus diisolasi. Bahkan mereka tidak diperbolehkan tidur atau beraktivitas bersama dengan orang yang sehat.

Di Magelang kebijakan untuk tidak menyekolahkan anak yang kena gondongan sudah diberlakukan. Tujuannya mencegah penularan. Cara pencegahan lain, penderita harus memakai masker menghindari virus menular melalui cipratan air liur.