Rabu 28 Dec 2016 09:52 WIB

Mandi Sauna Kurangi Risiko Demensia pada Pria

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Sauna
Foto: uaetriathlon.com
Sauna

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktivitas mandi sauna rutin bisa melindungi pria dari demensia. Penelitian terbaru dari University of Eastern Finland ini menyurvei pria yang mandi sauna 4-7 kali dalam sepekan lebih dari 20 tahun.

Mereka 66 persen berisiko rendah terkena demensia dibanding yang tidak. Kuopio Ischaemic Heart Disease Risk Factor Study (KIHD) melibatkan lebih dari dua ribu responden pria paruh baya yang tinggal di bagian timur Finlandia.

Peserta dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu mereka yang bersauna sekali sepekan, 2-3 kali sepekan, dan 4-7 kali sepekan. Hasil penelitian ini menunjukkan semakin sering seseorang melakukan sauna, semakin rendah risikonya terkena demensia. Dilansir dari Science Daily, Rabu (28/12), penemuan ini sudah dipublikasikan di Jurnal Age and Ageing.

Studi KIHD sebelumnya juga menunjukkan aktivitas mandi sauna sering secara signifikan mengurangi risiko kematian jantung mendadak, kematian akibat arteri koroner, dan penyakit jantung lainnya. Profesor Jari Laukkanen sebagai peneliti utama mengatakan kesehatan jantung juga memengaruhi otak.

"Ini karena kenyamanan dan relaksasi alami selama mandi uap ini memainkan peran," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement