Senin 13 Feb 2017 09:13 WIB

Anak Laki-Laki Lebih Rentan Autisme, Ini Alasannya

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Winda Destiana Putri
Anak Autis (Ilustrasi)
Foto: ABCNews
Anak Autis (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Autism spectrum disorders (ASD) merupakan gangguan perkembangan saraf yang ditandai dengan gangguan pada interaksi sosial serta komunikasi verbal maupun non verbal. Sejauh ini, autisme lebih banyak ditemukan pada anak laki-laki dibandingkan anak perempuan.

Sebelumnya, ilmuwan menilai bahwa kecenderungan ASD yang lebih besar pada anak laki-laki dinilai karena gejala ASD pada anak perempuan berbeda sehingga kasusnya tidak terdiagnosa. Akan tetapi penelitian terbaru menunjukkan fakta yang berbeda.

Tim peneliti dari Goethe University di Jerman menemukan bahwa kecenderungan ASD pada anak laki-laki mungkin berkaitan dengan perkembangan otak. Otak laki-laki dan perempuan pada dasarnya tidak terlalu berbeda. Akan tetapi ada beberapa aspek neurologis yang lebih umum dimiliki otak laki-laki dibandingkan otak perempuan. Salah satu di antaranya ialah korteks serebral yang tipis.

"Asumsinya adalah jika otak laki-laki lebih rentan terhadap ASD, maka otak perempuan dengan autisme mungkin memiliki karakteristik-karakteristik seperti otak laki-laki," ujar salah satu peneliti, Christine Ecker, seperti dilansir Science Alert.