Jumat 23 Jun 2017 07:33 WIB

Ini Keuntungan Mengejutkan dari Mengonsumsi Ikan

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Steak ikan salmon
Foto: pixabay
Steak ikan salmon

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Menurut penelitian terbaru di Arthritis Care & Research, mengonsumsi menu makanan laut dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri rheumatoid arhritis (RA). Orang dengan RA yang makan ikan setidaknya dua kali sepekan, dilaporkan mengalami pembengkakan atau pelunakan sendi yang lebih sedikit dari mereka yang jarang atau tidak pernah memakan ikan.

Dilansir dari Time, Jumat (23/6), temuan itu menunjukkan kalau semakin banyak ikan yang mereka makan, semakin tidak aktif penyakit yang mereka derita. Penelitian melibatkan 176 orang dengan RA yang menjawab pertanyaan tentang makanan merkea selama setahun terakhir.

Secara khusus, penulis melihat tanggapan terhadap pertanyaan tentang seberapa sering orang memakan tuna, salmon, sarden dan ikan lain yang disajikan mental, dibakar, dikukus atau dipanggang. Mereka tidak melihat seberapa sering orang makan ikan doreng, kerang atau ikan dengan campuran hidangan seperti udang tumis.

Hal itu lantaran makanan ini cenderung lebih rendah pada asam lemah omega-3, sejenis lemak dengan sifat anti-peradangan. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan kalau mengonsumsi suplemen minyak ikan, dapat memberi manfaat bagi orang-orang yang dengan RA, tapi ini jadi salah satu studi pertama yang melihat konsumsi ikan sebenarnya.