Kamis 06 Jul 2017 12:52 WIB

Mengapa Kaki Bengkak Usai Terbang Lama?

Rep: CHRYSTIANINGSIH / Red: Indira Rezkisari
Penumpang pesawat terbang kerap merasakan kaki membengkak setelah terbang lama.
Foto: EPA
Penumpang pesawat terbang kerap merasakan kaki membengkak setelah terbang lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usai bepergian dengan pesawat terbang, kadang kita merasakan kaki menjadi bengkak. Saat turun dari pesawat, kaki terasa janggal ketika dijejakkan ke tanah. Kondisi ini biasa disebut sebagai 'gravitational oedema' yang jamak dialami penumpang pesawat.

Penyebabnya adalah karena kita duduk terlalu lama sehingga cairan di tubuh seperti darah turun ke area kaki. Dilansir dari laman Fox News Travel, efek ini hanya berlangsung sebentar dan segera lenyap jika sudah turun dari pesawat.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya 'gravitational oedema' ini. Jika memutuskan bepergian dengan pesawat, gunakan pakaian yang longgar. Jangan terlalu banyak minum selama menempuh perjalanan dan cobalah untuk berjalan-jalan di selasar pesawat satu jam sekali.

Jika terpaksa harus duduk dengan sabuk pengaman dalam waktu lama, pastikan duduk dalam keadaan rileks. Buat bagian lutut hingga telapak kaki dalam posisi lurus dan nyaman. Disarankan untuk tidak menyilangkan kaki serta jangan mengonsumsi alkohol selama penerbangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement