Senin 04 Sep 2017 08:05 WIB

Pastikan Asupan Makanan Ini untuk Energi Berlari

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Oatmeal
Foto: wikimedia
Oatmeal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga lari tentu bukanlah hal mudah dan mempunyai tantangan sendiri. Padahal lari bermanfaat banyak untuk kesehatan, misalnya untuk kekebalan tubuh serta menambah kekuatan otot dan tulang.

Lari juga bagus untuk jantung, semakin banyak lari akan semakin bagus untuk kesehatan Anda. Selain itu, lari membantu meningkatkan dan memperbaiki sirkulasi darah Anda.

Sekarang banyak orang bingung apa yang harus dikonsumsi setelah lari. Penggiat Hidup Sehat, Sutji Sosrowardojo mengatakan ada beberapa makanan terbaik dan berenergi yang bisa dikonsumsi setelah lari.

Makanan-makanan ini bisa membuat Anda merasa lebih baik, juga bisa menjaga tubuh dan menjauhkan Anda dari penyakit.  "Pengalaman saya, makanan yang memiliki carbo loading, semisal nasi merah, oatmeal," ujarnya kepada Republika.co.id di Jakarta.

Sementara pendiri Indorunners Reza Puspo menambahkan salah satu sumber stamina yang penting saat lari berasal dari makanan. Semisal, pisang adalah salah satu pilihan buah yang baik untuk Anda konsumsi sebelum berolahraga. Pisang mengandung karbohidrat dan kalium yang dapat memberikan Anda suntikan energi yang besar.

"Sebelum lari tubuh kita bisa diberikan asupan makanan dulu seperti roti atau pisang," ujarnya

Kemudian, meminum segelas air sebelum berolahraga sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan. Tubuh butuh dihidrasi sebelum melakukan aktivitas berat agar stamina tetap terjaga.

Terakhir, makanan dengan kalori sekitar 200 sampai 300 kalori sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setelah berlari. Empat lembar roti gandum mengandung total 200 kalori yang bagus untuk mengembalikan energi yang hilang saat  berlari.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement