Ahad 10 Sep 2017 06:13 WIB

Mendeteksi Kesehatan dari Warna Bibir

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari
Kesehatan tubuh bila dilihat salah satunya lewat bibir.
Foto: wikipedia
Kesehatan tubuh bila dilihat salah satunya lewat bibir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertanda suatu penyakit terkadang dapat dilihat dari warna bibir, sehingga bibir dapat juga disebut sebagai jendela kesehatan. Apabila warna bibir berubah, itu merupakan cara tubuh memberikan tanda ada yang salah.

Posisi tubuh kita, organ dalam, suhu dan darah bisa dipahami dengan warna bibir. Mari cari tahu apa arti warna bibir yang berbeda, dilansir dari laman Times of India.

Bibir putih pucat

Bibir pucat atau putih merupakan tanda yang jelas untuk anemia. Ini berarti tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin. Hemoglobin adalah bagian utama dari sel darah merah dan mengikat oksigen. Karena itu, jika tubuh kekurangan ini, maka bibir Anda pasti akan berubah pucat. Mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti bayam, buah kering dan roti merupakan awal yang baik untuk meningkatkan hemoglobin.

Bibir merah

Bibir merah berarti tubuh terlalu panas. Pada saat seperti ini, Anda akan melihat tanda-tanda tambahan bau mulut dan keinginan untuk mengunyah makanan ringan. Menurut para ahli, ini berarti Anda memiliki hati disfungsional, yang akhirnya melepaskan panas di tubuh. Selain itu, bibir merah juga menandakan adanya alergi dari jenis makanan atau cairan, sehingga bibir membengkak.

Bibir ungu dan biru

Fenomena normal saat musim dingin, bibir ungu atau biru jangan sampai diabaikan jika terus berlanjut dalam waktu lama. Ini mungkin berarti Anda memiliki masalah jantung, dan pernafasan. Ini juga berarti sirkulasi darah dalam tubuh tidak tepat. Jika ada sedikit garis hijau di sekitar bibir Anda, itu menandakan sirkulasi darah yang buruk di sekitar hati dan limpa.

Bibir merah ke biru

Bibir merah ke biru menunjukkan bahwa Anda perlu segera mendetoksifikasi tubuh dengan makanan dan cairan yang sehat. Ini berarti sistem pencernaan Anda ditekan karena toksin dan tubuh Anda perlu menyingkirkan hal yang mengganggu ini, lakukan diet alkalin akan membantu.

Garis ungu di sekitar bibir

Menurut pengobatan Cina, garis ungu atau kehijauan di sekitar bibir menandakan adanya ketidakseimbangan energi di tubuh. Ini berarti energi negatif mendatangi tubuh Anda. Mengonsumsi makanan yang bersifat netral, ringan dalam hal penggunaan rempah-rempah, akan membantu Anda menyingkirkannya.

Merah muda

Bibir merah muda menunjukkan kesehatan tubuh dengan seimbang. Ini berarti Anda melakukan segalanya dengan benar untuk menjaga tubuh tetap fit, diet dan kebugaran diikuti sesuai dengan tubuh Anda dengan baik.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement