Jumat 09 Feb 2018 16:21 WIB

Kebiasaan Ini Bisa Perburuk Gejala Menstruasi

Kebiasaan memunculkan kram perut dan suasana hati yang memburuk.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Ada banyak faktor yang bisa memperparah gejala PMS wanita.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ada banyak faktor yang bisa memperparah gejala PMS wanita.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Gejala prahaid yang kerap dikenal dengan singkatan PMS sering membuat perempuan menjadi tidak nyaman. Selain nyeri yang dirasakan sebelum dan selama menstruasi, ada perubahan emosional yang ikut terjadi.

Tanpa disadari, sejumlah kebiasaan juga bisa memperparah gejala-gejala tersebut. Kram perut yang dirasakan bisa terasa lebih sakit, begitu pula suasana hati yang semakin memburuk.

Dikutip dari laman Mirror, hal pertama yang memperburuk gejala PMS adalah konsumsi minuman beralkohol. Hal tersebut telah dibuktikan oleh para pakar di Pusat Medis Universitas Maryland, Baltimore, AS.

Tim peneliti mengungkap minuman keras memperburuk gejala PMS dan memicu kram berkepanjangan. Studi telah menganjurkan perempuan AS untuk menghindari miras saat haid jika tidak ingin mengalami gejala demikian.

Hal lain yang tidak dianjurkan adalah minum kopi berlebihan sebelum dan selama haid. Hal ini cukup sulit dihindari, apalagi bagi perempuan warga perkotaan yang sudah keranjingan minum kopi setiap hari.

Pakar ginekologi AS Alyssa Dweck termasuk yang memperingatkan risiko itu. Menurut Dweck, minum kopi berlebihan akan meningkatkan gejala PMS seperti rasa cemas, tegang, insomnia, dan mudah tersinggung.

"Sebagai gantinya, direkomendasikan melakukan olahraga ringan hingga sedang sekitar 30 menit sehari untuk meringankan gejalanya," ujar penulis buku V is for Vagina itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement