Selasa 15 May 2018 13:38 WIB

Madu Manuka Efektif Atasi Demam

Madu manuka berasal dari Selandia Baru.

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Madu memiliki banyak menfaat bagi kesehatan.
Foto: Flickr/Dino Giordano
Madu memiliki banyak menfaat bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pagi penderita demam, ada satu obat yang dianggap mujarab. Dilansir melalui The Independent, seorang ahli diet asal New York, Amerika Serikat, Tracy Lockwood mengatakan madu manuka bisa menjadi obat bagi penderita demam. Kandungan methylglyoxal (MGL) di dalam madu manuka juga berguna mengurangi hidung meler karena demam.

"Bahan aktif MGL terbukti efektif untuk mengobati lendir hidung," ujar Lockwood. Ramuan aktif madu manuka dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk lendir hidung terlepas dari sumber penyakitnya.

Meski lendir hidung berasal dari flu atau alergi, madu manuka tetap efektif sebagai obat. Kadar MGL madu manuka jauh lebih besar dari madu normal lainnya.

Satu sendok madu untuk secangkir teh camomile sangat efektif untuk mengobati lendir hidung. Bahkan khasiatnya juga berguna untuk memberikan rasa rileks pada tubuh. Meski demikian madu manuka bisa bekerja lebih baik dari madu biasa.

"Madu pada umumnya mampu membunuh bakteri di dalam tubuh," ujar Lockwood. Selain itu, madu manuka dipercaya bisa mengobati luka bakar, dan juga pengobatan jerawat.

Madu manuka bukan sembarang madu. Madu ini diproduksi di Selandia Baru, dari lebah yang mengambil sari semak-semak manuka.

Manfaat madu juga dipakai dalam produk kecantikan. Bila memiliki siku atau lutut yang kering, pijat dengan sedikit madu secara perlahan. Diamkan madu 30 menit sebelum membilasnya. Madu juga menjadi obat untuk luka bakar ringan. Tidak hanya mengobati secara alami, madu juga mampu menenangkan luka.

Rasa mual dan mabuk juga bisa diobati dengan madu. Tambahkan sedikit madu ke dalam teh atau kopi saat sarapan pagi. Terakhir, madu bisa menjadi cadangan sumber energi bagi tubuh. Madu mampu mempertahankan glikogen otot atau karbohidrat yang disimpan. Maka tak heran bila para atlet sering mengonsumsi madu bila membutuhkannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement