Selasa 12 Jun 2018 17:51 WIB

JIH Hadirkan Home Care bagi Pasien Pasca-Rawat Inap

Banyak manfaat yang dihasilkan dalam pelayanan tersebut.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Pemotongan pita sebagai peresmian program layanan JIH Home Care dari RS JIH.
Foto: Dokumen.
Pemotongan pita sebagai peresmian program layanan JIH Home Care dari RS JIH.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Usai rawat inap, pasien kerap mendapati kesulitan menerapkan perawatan dan pelayanan medis di rumah. Hal itu yang disadari Rumah Sakit JIH untuk menghadirkan perawatan dan pelayanan medis di rumah atau home care pasca-rawat inap.

Setelah menjalani rawat inap untuk perawatan sakitnya, pasien-pasien memang masih harus mendapatkan perawatan dan pelayanan medis di rumah. Perawatan ini kadang-kadang tidak bisa dilakukan sendiri keluarga pasien, maupun pramurukti yang menjaga pasien di rumah.

Kasus ini sering terjadi seperti kepada pasien pasca-stroke, penderita lansia, dan pasien lain dengan kebutuhan perawatan medis di rumah. Pasalnya, belum banyak lembaga yang bisa menyediakan layanan medis di rumah pasien, secara lengkap, dan sesuai standar dan kaidah kedokteran.

Menyadari kebutuhan tersebut dan memberikan pelayanan kesehatan berkesinambungan, RS JIH menghadirkan layanan baru yaitu JIH Home Care. Direktur Utama RS JIH, Dr Mulyo Hartana menekankan, pelayanan dari RS JIH ini berbeda dengan home care lain.