Jumat 20 Jul 2018 21:42 WIB

10 Makanan Sempurna yang Direkomendasikan Ahli Nutrisi (2)

Vitamin C dalam lemon memproduksi kolagen dan melindungi kulit dari radikal bebas

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Lemon
Foto: pixabay
Lemon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bila mendengar kalimat makanan super alami, kita akan teringat dengan alpukat, bawang putih dan blueberry. Ketiganya memang selalu menjadi makanan utama yang direkomendasi ahli nutrisi.

Nah berikutnya, berdasarkan laman The Thirty, berikut sejumlah makanan sehat yang telah dirangkum, dan dapat menjadi saran baru bagi Anda. Ini adalah makanan sehat yang telah disetujui 100 persen dari para ahli gizi:

 

photo
Lemon

6. Lemon

"Bola berair bak sinar matahari ini berisi daftar panjang vitamin dan mineral super penting, banyak yang berkontribusi pada kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh dan bisa melakukan cukup banyak pada kesehatan rambut dan kulit kita," kata Courtney Baron, instruktur kesehatan dan kebugaran Thumbtack. Vitamin C dalam lemon membantu memproduksi kolagen dan melindungi kulit dari radikal bebas, yang dapat menyebabkan kanker.

 

photo
Biji chia.

7. Biji Chia

Biji chia mengandung omega-3 dan antioksidan, yang keduanya membantu meningkatkan kesehatan optimal. Dengan 40 persen biji chia adalah serat, mereka adalah salah satu sumber serat terbaik di luar sana dan membantu Anda merasa kenyang sambil mempertahankan kesehatan pencernaan. Selain itu, mereka bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang, karena mereka kaya kalsium dan magnesium. 

 

photo
Kecambah

8. Kecambah

Semua ahli gizi menyetujui kecambah. "Dengan 10 hingga 14 kali nutrisi dari sayuran yang tumbuh penuh, kecambah dipenuhi dengan sulforaphane, nutrisi biokimia yang meningkatkan enzim anti-kanker dalam tubuh," ujar pelatih kesehatan dan ahli gizi bersertifikat, Kelly LeVeque.

 

photo
Quinoa

9. Quinoa

"Apa yang membuat quinoa istimewa adalah bahwa itu adalah 'protein lengkap'," jelas dokter naturopati Katherine Dale. Quinoa mengandung proporsi sempurna dari kesembilan asam amino esensial yang diperlukan untuk nutrisi yang optimal. "Ini adalah sumber protein alami bebas gluten yang tinggi dan memiliki rasa dan tekstur yang memuaskan," kata Dale.

 

photo
Ikan Salmon

10. Ikan Salmon

Makanan terakhir yang disukai semua ahli gizi adalah salmon yang ditangkap secara liar. "Ikan salmon liar kaya asam lemak omega-3 dan jauh lebih rendah pada racun seperti PCB dibandingkan salmon yang dibudidayakan," jelas Barry Sears, pencipta The Zone Diet dan penulis seri The Zone. 

Omega-3 penting, karena mereka mengurangi risiko penyakit jantung, dan membantu meningkatkan kolesterol baik. Omega-3 juga telah dikaitkan untuk membantu mengurangi risiko depresi, kanker, dan membantu fungsi kognitif secara keseluruhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement