REPUBLIKA.CO.ID, FIRENZE -- Mayoritas karyawan menghabiskan sepertiga waktunya dalam sehari di tempat kerja. Sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran sepanjang jam kerja tersebut karena akan memengaruhi kinerja secara keseluruhan.
Terapis kiropraktik Dr Kunal Patel menyebutkan sejumlah kebiasaan buruk yang tanpa sadar dilakukan para pekerja kantoran. Beberapa di antaranya adalah posisi duduk yang salah, terlalu lama melihat layar komputer, dan tugas fisik yang berulang.
"Sangat penting untuk sesekali berdiri, meregangkan badan, dan beristirahat secara teratur. Karyawan juga dapat membeli bantal duduk guna menjaga kenyamanan panggul, pinggul, dan punggung bawah," ujarnya.
Patel mengatakan, tambahan bantal membantu memperbaiki postur duduk. Dia juga menyarankan agar menggunakan kursi yang ergonomis dan mengatur meja kerja sedemikian rupa sehingga siku, pinggul, dan lutut ada pada posisi 90 derajat saat duduk.
Kantor yang baik, menurut Patel, adalah yang mempertimbangkan untuk beralih menggunakan meja berdiri. Perusahaan pun sebaiknya menyediakan teknologi penghalang cahaya biru di komputer untuk mengurangi ketegangan dan kelelahan mata.
Disampaikan Patel, menjaga ruang kerja selalu bersih termasuk kebiasaan yang sangat penting. Pria yang bertugas di HopeHealth Medical Plaza, Firenze, Italia, itu menganjurkan karyawan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah bekerja.
Sanitasi yang baik akan mudah memerangi kuman penyebab penyakit. Siapkan tisu pembersih untuk mengelap permukaan yang kotor. Area yang menurutnya kerap diabaikan meliputi gagang dan tombol telepon, kibor komputer, monitor layar sentuh, dan kenop laci.
"Menerapkan kiat-kiat ini dalam rutinitas pekerjaan sehari-hari dapat berdampak besar untuk kesehatan di bulan-bulan dan tahun-tahun mendatang," kata Patel, dikutip dari laman SCNow.