Selasa 30 Oct 2018 14:19 WIB

Alasan Berat Badan Anda tak Kunjung Turun

Dapur penuh dengan makanan cemilan bisa membuat anda gagal menurunkan berat

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pelaku diet
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pelaku diet

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terlalu banyak kalori harian Anda tidak hanya mencegah penurunan berat badan dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan dapat menyebabkan stres emosional jika itu menyebabkan perasaan di luar kendali di sekitar makanan.

Anda seharusnya tidak merasa makanan adalah musuh. Makanan membuat kita bahagia, namun cenderung makan berlebihan tidak baik.

Berikut beberapa alasan mengapa Anda bisa mulai mengubah kebiasaan ini. 

1. Diet terlalu membatasi

Jika Anda tidak makan apa pun kecuali ayam panggang dan sayuran, itu tidak berkelanjutan. Anda terlalu membatasi sehingga menjadi bumerang. Anda memakan apapun tanpa pertimbangan dan akhirnya membuat diet anda gagal.

Gunakan pendekatan 80/20 untuk makan, yakni makan yang sehat di sebagian besar waktu sekitar 80 persen dari waktu, dan makanan yang anda sukai di 20 persennya

2. Bahan makanan pengunggah selera

Kebanyakan ahli diet yang terdaftar tidak akan merekomendasikan memotong kelompok makanan, tetapi ini mungkin satu-satunya contoh di mana menghindari makanan sangat membantu dalam mencegah makan berlebih. Orang-orang tertentu lebih rentan terhadap kecanduan makanan, jadi jika ini terdengar seperti Anda, hindari makanan yang sangat adiktif seperti gula dan tepung.

3. Makan di perjalanan

Ketika Anda tidak meluangkan waktu untuk duduk dan benar-benar menikmati makanan, bisa memicu makan lebih banyak dan tak seimbang. Alasannya otak kita fokus pada perjalanan atau bahkan jalan sementara melewatkan rasa kenyang.

4. Makanan tidak seimbang

Sangat penting untuk makan makanan yang kita inginkan, tetapi jika Anda tidak makan makanan seimbang, akan merasa lapar satu jam kemudian, yang berarti makan berlebihan kalori harian Anda. 

Trainer pribadi bersertifikasi NASM, Sam Altieri, membagikan rumus ini untuk menciptakan makanan yang kenyang yaitu protein + karbohidrat + lemak sehat yang ketiganya cukup untuk merasa kenyang selama berjam-jam.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مِنَ الَّذِيْنَ هَادُوْا يُحَرِّفُوْنَ الْكَلِمَ عَنْ مَّوَاضِعِهٖ وَيَقُوْلُوْنَ سَمِعْنَا وَعَصَيْنَا وَاسْمَعْ غَيْرَ مُسْمَعٍ وَّرَاعِنَا لَيًّاۢ بِاَلْسِنَتِهِمْ وَطَعْنًا فِى الدِّيْنِۗ وَلَوْ اَنَّهُمْ قَالُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَا وَاسْمَعْ وَانْظُرْنَا لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ وَاَقْوَمَۙ وَلٰكِنْ لَّعَنَهُمُ اللّٰهُ بِكُفْرِهِمْ فَلَا يُؤْمِنُوْنَ اِلَّا قَلِيْلًا
(Yaitu) di antara orang Yahudi, yang mengubah perkataan dari tempat-tempatnya. Dan mereka berkata, “Kami mendengar, tetapi kami tidak mau menurutinya.” Dan (mereka mengatakan pula), “Dengarlah,” sedang (engkau Muhammad sebenarnya) tidak mendengar apa pun. Dan (mereka mengatakan), “Raa‘ina” dengan memutar-balikkan lidahnya dan mencela agama. Sekiranya mereka mengatakan, “Kami mendengar dan patuh, dan dengarlah, dan perhatikanlah kami,” tentulah itu lebih baik bagi mereka dan lebih tepat, tetapi Allah melaknat mereka, karena kekafiran mereka. Mereka tidak beriman kecuali sedikit sekali.

(QS. An-Nisa' ayat 46)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement