Rabu 21 Nov 2018 09:12 WIB

Praktik Olah Raga yang Baik Saat Cuaca Panas

Pastikan tubuh tetap terhidrasi saat berolahraga di bawah terik matahari.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Wanita berolahraga
Wanita berolahraga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cuaca panas nan terik tak harus mengurungkan niat Anda berolah raga. Anda cukup memastikan praktik-praktik olah raga yang aman di luar ruangan atau di bawah sinar matahari. Berikut tips penting yang bisa dipraktikkan, dilansir dari Cosmopolitan, Rabu (21/11).

Jangan memaksakan diri

Baca Juga

Olah raga saat cuaca panas memberi beban tambahan bagi tubuh, sehingga sangat penting mengetahui batasan Anda. Perhatikan kemampuan tubuh dan jangan memaksakan diri. Jika Anda pusing, sebaiknya berhenti atau kurangi intensitas gerakan. Beristirahatlah teratur supaya suhu tubuh bisa dingin dan normal kembali.

Jangan terlampau siang

Olah raga saat cuaca panas sebaiknya tidak dilakukan terlalu siang. Anda sebaiknya melakukannya di pagi hari atau sore menjelang senja. Latihan di pagi hari lebih direkomendasikan sebab membuat Anda lebih bersemangat.

Pilih pakaian terbaik

Pilihlah pakaian olah raga terbaik yang ringan, tidak tebal, bewarna terang, dan memungkinkan keringat cepat menguap. Bahan pakaian olah raga yang bagus membantu Anda terhindar dari iritasi kulit, jerawat, dan ruam panas. Anda sebaiknya memakai topi jika berolah raga di luar ruangan, atau mengoleskan sedikit krim perlindungan SPF.

Tetap terhidrasi

Anda harus minum antara enam hingga delapan gelas air per hari atau setara dua liter air. Jika cuaca sangat panas, cobalah menambahnya hingga 10 gelas per hari untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi.

Anda juga boleh mengonsumsi minuman isotonik. Bawa juga handuk atau kain yang bisa menyerap keringat dan membasahi minimal wajah, kepala, dan leher.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement