Kamis 22 Nov 2018 15:57 WIB

9 Langkah Cegah Keracunan Makanan

Mencegah keracunan makanan bisa dimulai dari cara mempersiapkannya.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Menyimpan makanan dengan benar di kulkas sangat penting. Anda bisa terhindar dari keracunan makanan dengan penyimpanan yang benar.
Foto: flickr
Menyimpan makanan dengan benar di kulkas sangat penting. Anda bisa terhindar dari keracunan makanan dengan penyimpanan yang benar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gejala keracunan makanan dapat disebabkan oleh Salmonella, Norovirus, dan E coli, dan patogen lainnya yang mengintai pada makanan. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di AS, setiap tahun, sekitar satu dari enam orang Amerika mengalami keracunan makanan.

Untuk mencegah Anda menjadi salah satu yang mengalami keracunan, berikut ini beberapa kiat sederhana untuk mengurangi risiko tertular penyakit bawaan makanan. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda ikuti dilansir dari laman Mental Floss, Kamis (22/11).

Memisahkan daging

Sangat mudah untuk daging mentah, makanan laut, unggas, dan telur untuk menyebarkan kuman ke makanan yang mungkin tidak Anda masak sebelum makan, seperti sayuran atau roti. Itulah mengapa yang terbaik adalah memisahkan produk hewani mentah dari yang lainnya di keranjang belanja, dan di area persiapan makanan, termasuk menggunakan papan potong atau piring yang berbeda.