Jumat 21 Jun 2019 13:34 WIB

Kesehatan Emosi Berkaitan dengan Kondisi Fisik

Peneliti temukan emosi kemarahan berkaitan dengan efek kesehatan negatif.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Ilustrasi Amarah
Foto: Foto : MgRol_94
Ilustrasi Amarah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun emosi sering cepat berlalu, emosi dapat memiliki dampak jangka panjang pada kesehatan. Misalnya stres yang dapat meningkatkan risiko kondisi kesehatan menjadi kronis dan akut, sementara kebahagiaan dapat meningkatkan kesejahteraan.

Sebuah studi kecil baru yang diterbitkan dalam jurnal Psychology and Aging menunjukkan, kemarahan jauh lebih dari kesedihan, terkait dengan efek kesehatan negatif pada orang tua. Penelitian baru ini bersumber dari teori yang dikembangkan oleh dua rekan penulis studi, psikolog Carsten Wrosch dan Ute Kunzmann. Teori ini menyatakan semua emosi, bahkan yang negatif memainkan peran penting yang berkembang sepanjang hidup seseorang.

Baca Juga

"Semua emosi negatif mungkin memiliki fungsi positif jika berpengalaman dalam konteks yang benar," kata profesor psikologi di Concordia University di Kanada Wrosch, dikutip dari Time.

Kemarahan dapat memotivasi orang untuk mendorong melalui keadaan sulit. Sementara kesedihan dapat memulai proses penyembuhan setelah trauma.

Tapi, ketika orang bertambah tua dan menghadapi masalah yang berkaitan dengan usia, seperti kematian orang yang dicintai dan timbulnya penurunan fisik dan kognitif, beberapa emosi negatif mungkin berdampak buruk pada kesehatan fisik. Wrosch dan Kunzmann menganalisis data dari Montreal Aging and Health Study yang mensurvei lebih dari 200 orang dewasa berusia 59 hingga 93 tahun tentang emosi tiga kali dalam satu minggu.

Orang-orang juga melaporkan kondisi kesehatan yang didiagnosis dan memberikan sampel darah kepada para peneliti untuk uji untuk tanda-tanda peradangan.

Ketika orang berusia lebih dari 80 tahun secara teratur merasa marah, peneliti melihat hubungan dengan peningkatan kadar peradangan IL-6. Mungkin karena kemarahan dapat membuang tingkat hormon stres. Peradangan adalah proses normal yang digunakan tubuh untuk melawan cedera dan infeksi. Namun, peradangan kronis dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan.

Orang dewasa dengan tanda-tanda inflamasi yang meningkat juga lebih mungkin daripada rekan-rekan mereka yang tidak merasa marah yang hanya memiliki setidaknya satu penyakit kronis. Seperti kanker atau masalah kardiovaskular.

Namun, peneliti tidak melihat hubungan yang sama antara kesedihan dan masalah kesehatan dan kemarahan tidak begitu terkait dengan peradangan dan penyakit kronis di antara orang dewasa muda di usia 60-an dan 70-an tahun.

Marah tidak akan memperbaiki masalah paling serius yang dihadapi usia senior. Wrosch mengatan, kemarahan mungkin hanya membawa lebih banyak tekanan dan masalah yang menyertainya.

"Jika orang marah dan mereka mencoba untuk menyelesaikan masalah yang tidak dapat mereka selesaikan lagi, yang memperpanjang keadaan bermasalah dan dapat mengakibatkan disregulasi fisiologis," kata Wrosch, menjelaskan alasan marah berpotensi meningkatkan kadar peradangan.

Sementara kesedihan yang konstan atau tidak bisa menjadi tanda dari masalah yang lebih besar, seperti depresi atau kesepian. Wrosch mengatakan kesedihan yang akut seringkali merupakan reaksi yang lebih tepat untuk masalah-masalah di akhir kehidupan dan mungkin memicu kesedihan dan penyembuhan yang sehat.

"Kesedihan sebenarnya dapat memulai proses pemulihan dan membantu orang menerimanya. Ini juga dapat membantu merekrut beberapa dukungan sosial dari orang lain untuk kemudian membantu [mereka] mengatasinya," ujar Wrosch.

Penelitian ini masih dapat dikembangkan dan hanya menunjukkan hubungan antara emosi dan kesehatan. Studi tersebut tidak menganalisis keadaan kehidupan yang mendorong emosi, sehingga tidak mungkin untuk mengatakan apakah setiap situasi bisa atau tidak bisa ditolong oleh kemarahan.

Tapi, Wrosch mengatakan, itu memberikan bukti awal orang merespons secara berbeda terhadap berbagai emosi, bahkan emosi yang termasuk dalam kategori perasaan negatif yang sama. Sebuah studi baru yang terpisah, yang diterbitkan dalam American Journal of Geriatric Psychiatry menemukan terkait hubungan antara kesehatan emosional dan fisik. Ditemukan optimisme, ketahanan, dan kasih sayang dikaitkan dengan kesehatan yang lebih baik di kalangan manula, sementara kesepian dikaitkan dengan kesehatan yang lebih buruk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement