Ahad 28 Jul 2019 21:08 WIB

Masyarakat Kerap tak Sadar Idap Hepatitis

Satu dari 12 penduduk dunia mengalami Hepatitis B atau Hepatitis C.

Red: Ratna Puspita
Hepatitis C. Ilustrasi
Foto: Sciencealert
Hepatitis C. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari F Syam mengatakan masyarakat sering kali tidak menyadari jika mengidap penyakit hepatitis. Ia mengatakan masyarakat perlu diingatkan lagi mengenai bahaya hepatitis.

"Hepatitis, khususnya Hepatitis B dan C menular dan seringkali tidak menyadarinya. Pada awal infeksi kalau tidak diperiksa dan saat si pasien dengan hepatitis tersebut tidak diketahui bahwa dia positif, maka pasien tersebut berpotensi menularkan ke orang lain," kata Ari dalam keterangan pers di Jakarta, Ahad (28/7).

Baca Juga

Dia menambahkan peringatan Hari Hepatitis Sedunia tahun ini mengangkat tema "Find theMissingMillions". Tema yang diangkat agar masyarakat lebih banyak menemukan kasus baru.

"Masyarakat perlu diingatkan lagi akan bahaya hepatitis virus. Hepatitis virus yang pernah menyerang Dahlan Iskan, mantan Menteri BUMN, yang menyebabkan beliau mengalami kanker hati dan menjalani tranplantasi hati di China sebelum menjadi Dirut PLN dan Menteri BUMN dan alhamdulillah sampai saat ini masih sehat," katanya.