Senin 12 Aug 2019 21:41 WIB

Media Sosial Pengaruhi Kepercayaan Diri Remaja Pada Tubuhnya

Gambar-gambar tubuh sempurna di medsos bisa menciptakan kecemasan bagi remaja

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Christiyaningsih
Media sosial (ilustrasi)
Foto: EPA
Media sosial (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa remaja tidak pernah mudah dihadapi. Bagi anak muda saat ini, media sosial (medsos) bisa memengaruhi rasa percaya diri. Gambar-gambar tubuh sempurna di medsos bisa menciptakan kecemasan dan rasa tidak aman bagi remaja. Bahkan hingga membuat mereka malu dengan tubuh sendiri.

Citra tubuh dan kecemasan dapat memicu perasaan menyakiti diri dan pikiran untuk bunuh diri pada remaja. Para ahli kemudian menyerukan penelitian ihwal kemungkinan adanya penurunan berat badan dan iklan operasi. Ahli juga menyerukan agar pihak media sosial bertindak untuk menghentikan orang muda merasa buruk tentang tubuh mereka.

Baca Juga

Survei terhadap 1.118 remaja Inggris untuk Mental Health Foundation (MHF) mendapati 31 persen dari remaja berusia 13 hingga 19 tahun merasa malu dengan bentuk tubuh mereka. Sebanyak 35 persen berhenti makan atau makan berlebih.

“Survei kami menunjukkan bahwa jutaan anak muda di Inggris mengkhawatirkan citra tubuh mereka. Kekhawatiran tentang citra tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan mental. Dalam beberapa kasus, terkait dengan melukai diri sendiri dan pikiran, serta perasaan bunuh diri,” kata pimpinan program yayasan untuk keluarga, anak-anak, dan orang muda, Jane Caro.