Kamis 17 Oct 2019 14:35 WIB

Bahaya di Balik Buruknya Postur Tubuh Akibat Main Ponsel

Ada risiko kesehatan yang muncul akibat buruknya postur tubuh pengguna ponsel.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Anak main ponsel. Ilustrasi
Foto: The West
Anak main ponsel. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ini, risiko kesehatan yang muncul akibat postur tubuh yang buruk terkait penggunaan ponsel pintar belum menjadi perhatian banyak orang, khususnya di Amerika Serikat (AS). Dalam sebuah survei terbaru, sebenarnya terdapat masalah medis yang serius akibat hal ini.

Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit kronis pada punggung, leher, dan lutut. Belum lagi masalah sirkulasi, mulas, dan masalah pencernaan.

Baca Juga

Penggunaan ponsel cerdas orang dewasa di Amerika rata-rata setiap harinya bisa lebih dari 3,5 jam. Hal itu berarti, orang-orang bisa berada dalam posisi yang salah berkepanjangan karena menggunakan smartphone selama berjam-jam. Sebagai contoh, mereka membungkuk untuk waktu yang lama karena fokus melihat layar ponsel.

Dalam sebuah survei, responden mendapat pertanyaan tentang kekhawatiran atas masalah mata hingga konsekuensi kesehatan potensial lainnya dari penggunaan perangkat seluler. Hasilnya, hanya 47 persen yang mengatakan mereka khawatir dengan postur tubuh yang buruk dan bagaimana hal itu memengaruhi kesehatan mereka.