Sabtu 30 Nov 2019 02:00 WIB

Betulkah Sauna Efektif Turunkan Berat Badan?

Sauna dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Sauna dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan.
Foto: corso-saunamanufaktur
Sauna dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, HELSINKI — Sauna dikenal sebagai sebuah ruangan yang dirancang agar orang-orang dapat menikmati aktivitas pemanasan badan, yang membuat keringat keluar dari tubuh. Biasanya, ruangan sauna terbuat dari kayu dan penggunanya dapat sedikit bersantai dengan duduk bersama-sama, sambil mengobrol, meskipun tidak dalam waktu yang lama.

Banyak orang yang melakukan sauna karena percaya dengan manfaat kesehatan dari aktivitas ini. Di antara keuntungan sauna yang paling dikenal adalah menurunkan tekanan darah, menyehatkan kulit, hingga menurunkan berat badan.

Baca Juga

Lalu, apakah seluruh manfaat yang disebutkan di atas benar adanya? Melihat ke sejarah sauna yang panjang, aktivitas ini ternyata telah ada sejak ribuan tahun lalu dan diperkenalkan pertama kali oleh orang-orang di Finlandia.

Di negara Eropa Utara itu, sauna sering dipandang sebagai suatu alat untuk menurunkan berat badan. Meski demikian, terlepas dari sejarah itu, menurut Rita Redberg, seorang dokter ahli jantung di San Francisco, Kalifornia, Amerika Serikat (AS), tidak ada data ilmiah yang menunjukkan sauna terbukti dapat berfungsi demikian.