Sabtu 04 Aug 2018 10:02 WIB

Daftar Makanan yang Sanggup Buat Tubuh Rileks

Cokelat hitam dikenal sanggup menurunkan tingkat stres.

Rep: MGROL 106/ Red: Indira Rezkisari
Blueberry merupakan salah satu buah yang rendah kandungan gulanya dan baik bagi diet Anda.
Foto: pixabay
Blueberry merupakan salah satu buah yang rendah kandungan gulanya dan baik bagi diet Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan dan emosi memiliki hubungan yang erat. Dalam beberapa kasus beberapa makanan dapat membuat tubuh rileks.

Dilansir dari Bustle, ada beberapa jenis makanan yang dapat membuat tubuh rileks. Apa saja itu? Simak di bawah ini:

Salmon

Menurut ahli gizi diet dan pendiri Nutritioulicious, Jessica Fishman Levinson, salmon sangat kaya akan asam lemak omega-3 yang berperan mengurangi kecemasan dan gejala depresi. Selain itu, asam lemak omega-3 juga telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk menangani stres.

Cokelat hitam

Tidak hanya nikmat, tetapi cokelat juga memiliki kandungan-kandungan yang dapat menurunkan tingkat stres. Berdasarkan penelitian dari Journal of Proteome Research, memakan 1,4 ons cokelat setiap hari dapat menurunkan tingkat hormon kortisol. Tetapi, cokelat yang dimakan adalah cokelat hitam dengan kandungan biji cokelat kurang lebih 70 persen.

Baca juga: Lima Makanan Pengusir Jerawat

Buah beri

Buah blueberry, frambos, dan stroberi mengandung zat kimia yang sangat mirip dengan asam valproik, yakni obat resep yang dapat membuat emosi stabil. Selain itu, sebuah penelitian dari Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa goji berry dapat membantu mengurangi kelelahan dan stres.

Yogurt

Menurut Direktur Senior Konten untuk Verywell, Rachel Berman, yogurt mengandung probiotik sehat yang membantu menjaga bakteri sehat di dalam perut. Pasalnya, menurut sebuah penelitian, terdapat koneksi antara bakteri sehat di dalam perut dan kesehatan mental. Otak mengirim sinyal ke perut yang menyebabkan perut menjadi sakit ketika seseorang sedang stres.

Kacang kedelai

Kacang kedelai mengantung lebih banyak triptofan dibandingkan kalkun. Berdasarkan SFGate, Triptofan merupakan neurotransmiter yang dapat mengurangi kecemasan dan depresi.

Kacang

Kacang-kacangan mengandung berbagai macam nutrisi seperti magnesium, vitamin V, dan asam lemak omega-3. Nutrisi-nutrisi tersebut bekerja melawan stres. Menurut sebuah studi dari Journal of the American College of Nutrition, kacang-kacangan seperti walnut yang mengandung asam alfa-linolenat dapat melindungi jantung dari efek stres.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement