Kamis 02 May 2019 10:50 WIB

Waspadai Dampak Kebiasaan Meniup Makanan Bayi

Meniup makanan bayi berpotensi merusak gigi bayi.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Bayi makan.
Foto: PxHere
Bayi makan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meniup makanan yang panas sebelum disantap mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang dewasa. Namun sebaiknya jangan coba-coba melakukan kebiasaan ini ketika sedang memberi makan bayi.

Meski tampak seperti tindakan yang sederhana dan biasa, meniup makanan bayi berpotensi memberi dampak negatif bagi kesehatan bayi. Aspek kesehatan yang mungkin terdampak adalah kesehatan gigi bayi. Meniup makanan bayi berisiko merusak gigi bayi, bahkan meski gigi bayi saat ini belum tumbuh.

Baca Juga

Seperti dilansir Times of India, bakteri penyebab kerusakan gigi dapat berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Ketika seseorang dengan gigi berlubang meniup makanan bayi, ada kemungkinan bakteri dari mulut orang tersebut masuk ke dalam makanan bayi dan kemudian ke mulut bayi.

Salah satu contoh bakteri penyebab gigi berlubang adalah Streptococcus mutans. Streptococcus mutans dapat menyebabkan lubang pada gigi karena mereka mengeluarkan asam ketika memakan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi.