REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak faktor menjadi penyebab perilaku menyimpang pada anak. Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi mengatakan kurangnya perhargaan terhadap potensi anak dapat menyebabkan anak melakukan perilaku menyimpang seperti hubungan seksual di luar nikah.
"Ini lebih karena mereka juga korban dari situasi yang sangat tidak kondusif dimana banyak anak-anak remaja ini yang tidak dihargai potensinya yang saling berbeda," kata psikolog anak Seto Mulyadi, Sabtu (15/6).
Menurut dia, anak-anak banyak dituntut dan diapresiasi jika sukses dibidang akademik saja. Sayangnya, tapi mereka yang sukses diluar bidang akademik seperti pintar menggambar, menyanyi dan bagus dibidang olahraga, tidak mendapatkan apresiasi. Alhasil, banyak dari mereka yang mengalami frustasi. Mereka rentan untuk melakukan perilaku yang menyimpang.
Padahal, tambahnya isi pendidikan mencakup pertama adalah etika, kedua adalah estetika dan ketiga adalah ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Etika harus menjadi poin utama dalam pendidikan. Namun, sering kali diutamakan lebih kepada iptek.
Dia menyayangkan kejadian menyedihkan atas kasus beredarnya video viral di whatsapp dan youtube mengenai siswa-siswi berseragam SMK di Kabupaten Bulukumba yang melakukan hubungan seks di dalam kelas.
Seto mengatakan semua pihak perlu menyadari bahwa banyak anak remaja di Indonesia yang tergelincir melakukan berbagai perilaku menyimpang. Beberapa di antaranya adalah narkoba, tawuran, perundungan, LGBT (lesbian-gay-biseksual-transgender), seks bebas dan pornografi.
Untuk itu, dia menambahkan pendidikan tentang etika, karakter dan moral perlu ditingkatkan ke depan, bukan hanya sekadar menekankan pada pendidikan akademik.
"Isi pendidikan kita nomor satu etika, etika kan nilai-nilai moral itu yang harus lebih utama," ujarnya.
Dalam pengajaran tentang etika, anak-anak bukan hanya sekadar diperintahkan tapi juga karena adanya keteladanan dengan contoh-contoh. Misalnya menunjukkan pendidikan yang penuh kasih sayang, pendidikan yang penuh apresiasi dan penghormatan kepada anak didik.
Pendidikan tentang etika harus diajarkan melalui keteladanan, namun keteladanan sering diabaikan. Pendidikan tentang etika menjadi penting untuk mengajarkan anak bersikap santun, tahu tata krama, hormat kepada orang tua dan guru. Demikian pula dengan pendidikan tentang estetika harus dicerminkan melalui perilaku dan sikap seperti keindahan atau cara bertutur kata.
Dalam hal ini, guru, orang tua tidak main bentak dan marah-marah kepada anak. Begitu juga mungkin para pemimpin di layar televisi berpotensi menunjukkan arogansi kekerasan.