Sabtu 08 Apr 2017 19:19 WIB

Festival Candi Muaro Jambi 2017 Siap Tebar Pesona

Red: Budi Raharjo
Pengunjung yang akan menyaksikan proses gerhana matahari total, berfoto dengan latar Candi Gumpung di Kompleks Percandian Muaro Jambi, Jambi, Rabu (9/3).
Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Pengunjung yang akan menyaksikan proses gerhana matahari total, berfoto dengan latar Candi Gumpung di Kompleks Percandian Muaro Jambi, Jambi, Rabu (9/3).

REPUBLIKA.CO.ID,JAMBI -- Festival Candi Muaro Jambi yang ke-IX bakal dihelat 28-31 Mei 2017, mendatang. Perhelatan yang digelar di komplek percandian yang sudah berusia ratusan tahun tersebut, akan ada beragam lomba dan penampilan tarian kolosal yang tetap bertahan hingga era modern kini.

Kadis Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kabupaten Muaro Jambi Indra Gunawan mengatakan, Festival Candi Muarojambi ke-IX merupakan upaya mengkuatkan kearifan lokal dan menarik minat wisatawan.

"Tujuan utama dalam kegiatan Festival Candi Muarojambi ini lebih kepada promosi candi agar lebih dikenal luas oleh masyarakat sebagai obyek wisata religi dan juga sebagai pusat penelitian pendidikan. Targetnya sekarang tidak hanya wisatawan lokal, tapi juga wisatawan mancanegara," ungkap Indra.

Sejumlah kegiatan dan pagelaran akan ditampilkan saat festival di kawasan candi terluas di Asia Tenggara tersebut. Candi yang diperkirakan dibangun pada abad ke-11 sebelum masehi ini rencananya akan menggelar tarian kolosal, lomba seloko adat melayu, bazar, dan jalan sehat mengelilingi komplek percandian, pesta kanal kuno di kawasan candi, pertunjukan dan permainan tradisional khas Kabupaten Muarojambi.