Senin 15 May 2017 15:40 WIB

Serunya Tradisi Syukuran Laut Pulau Kelapa Dua

Red: Gita Amanda
Pulau Seribu
Foto: Indonesiatravel
Pulau Seribu

PULAU SERIBU - Tradisi tahunan Syukuran Laut masyarakat nelayan Pulau Kelapa Dua, Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulaun Seribu Utara, Kepulauan Seribu, Sabtu (13/5), berlangsung sangat meriah. Pesta Laut yang digelar di atas perahu nelayan ini diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur penduduk pesisir laut atau masyarakat yang menggantungkan penghasilannya dari laut. 

Puncak acara Pesta Laut ditandai dengan pembacaan doa di dua dermaga sandar Pulau Kelapa Dua. Lalu, kegiatan dilanjutkan dengan madua sipulung yakni duduk bersila bersama sambil menyantap hidangan yang telah disediakan.

Sesepuh sekaligus Ketua Panitia Festival Pesona Bahari Pulau Kelapa Dua, H. Amir, mengatakan tradisi ini adalah bentuk kebersamaan dengan tidak membedakan antara pejabat dengan masyarakat. "Semua duduk sama rata, bersila, tidak ada bangku atau kursi. Semua menjadi setara dihadapan sang pencipta," kata Amir seperti dimuat dalam siaran pers.

Usai bersantap bersama, acara dilanjutkan dengan aksi saling siram-menyiram air laut antar-ratusan warga nelayan. Semua nelayan baik tua maupun muda dengan menggunakan kapal-kapal kayu antusias saling siram menggunakan ember maupun plastik terisi air. Mereka saling membasahi antar-warga yang berada di kapal.