Rabu 12 Jul 2017 15:42 WIB

Siswa Al Izhar Sukses Bawakan Tari Topeng di Festival Dunia

Red: Dwi Murdaningsih
Tari topeng Betawi
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Tari topeng Betawi

REPUBLIKA.CO.ID, WALES - Satu lagi, prestasi anak-anak Indonesia di pentas dunia. Tari Topeng dan Tari Papua yang dibawakan siswa Perguruan Tinggi Al Izhar menjadi yang terbaik kedua kategori Dancing in the street dalam Llangollen Dance Competition Eisteddfod 2017.

Festival selama enam hari untuk musik dan tarian yang diikuti 4.000 di Wales, 3-9 Juli 2017 itu sukses ditaklukkan kontingen Merah Putih. Selain kategori Dancing in the street, prestasi terbaik juga dicatatkan anak anak Al Izhar juga dalam kategori Coreographic Folklore dan traditional folk dance

"Tari Randai dan Tari Piring meraih posisi ke empat dengan nilai 83,7 di kategori Coreographic Folklore dan Rapai Geleng meraih posisi ke lima dengan nilai 91 di kategori Traditional Folk Dance. Tarian asli Indonesia ini dipandang juri sebagai tarian yang otentik, unik dan original," kata Ketua Yayasan  Anakku Arniyani Arifin.

Dari situs web resmi festival, juara untuk kategori coreographic Folklore ini diraih Loughgiel Folk Dancers dari Irlandia Utara, diikuti peringkat dua dan ketiga diraih Gabhru Panjab de dan Real Folk Cultural International, keduanya dari India.