Kamis 01 Oct 2015 20:34 WIB

Beberapa Cara untuk Berhenti Merokok

Rep: C04/ Red: Winda Destiana Putri
Berhenti merokok
Foto: formulasehat.com
Berhenti merokok

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi yang sedang berusaha berhenti merokok, dr Theresia Sandra, MPH mengungkapkan beberapa cara untuk membantu para perokok aktif untuk berhenti merokok.

Cara-cara tersebut diantaranya adalah, sebagai berikut:

1. Kuatkan niat untuk berhenti merokok. Bagi seseorang yang sudah kecanduan rokok, berhenti merokok memang akan terasa sangat sulit. Langkah pertama yang harus dilakukan jika memutuskan untuk berhenti merokok yaitu dengan menguatkan niat dan tekad untuk berhenti merokok. 

2. Perlu dukungan dari keluarga. Dapatkan dukungan dari keluarga dan teman dekat untuk berhenti merokok, minta mereka untuk selalu mengingatkan bahaya merokok untuk kesehatan tiap kali keinginan untuk merokok datang lagi.

3. Beri target waktu pada diri sendiri, agar benar-benar bisa dapat berhenti merokok.

4. Hindari kebiasaan untuk memancing rasa ingin merokok. Beberapa kebiasaan yang bisa memancing keinginan untuk merokok diantaranya seperti minum kopi, alkohol dan begadang.

5. Cari kesibukan agar terhindar dari keinginan diri untuk merokok. Isi kegiatan kosong dengan kegiatan yang lebih bermanfaat, seperti berolahraga dan lainnya.

6. Minum lebih banyak air putih. Dengan mengonsumsi air putih yang banyak, akan membuat racun rokok dalam tubuh berkurang. Air putih berguna sebagai zat detoksifikasi zat-zat yang berbahaya dari rokok.

7. Sibukkan diri setelah makan. Banyak perokok yang setelah makan mereka lebih memilih untuk menghisap rokok, namun tersebut dihindari dengan menggosok gigi atau mengonsumsi buah segar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement