Ahad 10 Jan 2016 21:19 WIB

Tiga Cara Memilih Daging Ayam Segar

Rep: Desy Susilawati/ Red: Hazliansyah
Pedagang daging ayam menunggu pembeli di Pasar Senen, Jakarta, Senen (18/8).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pedagang daging ayam menunggu pembeli di Pasar Senen, Jakarta, Senen (18/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli) Ade Meirizal Zulkarnain mengatakan, hampir semua produk daging unggas lokal yang ada di ritel modern dinyatakan tidak sehat.

Lalu, bagaimana dengan daging ayam yang ada di pasar tradisional? Sehatkah? Bagaimana cara memilih daging ayam yang sehat dan segar?

Menurut Chef Ragil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih daging ayam.

1. Ditusuk dengan tangan apabila masih kenyal berarti masih daging baru. Bila sudah lunak berarti bukan daging segar

2. Apabila dicium harus tercium aroma ayam segar, bukan berbau seperti amis atau malah tidak berbau sama sekali (ini malah mencurigakan). 

3. Pastikan selalu membeli di tempat yang terpercaya, jangan tergiur harga murah.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ لَتَجِدَنَّ اَشَدَّ النَّاسِ عَدَاوَةً لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوا الْيَهُوْدَ وَالَّذِيْنَ اَشْرَكُوْاۚ وَلَتَجِدَنَّ اَقْرَبَهُمْ مَّوَدَّةً لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوا الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّا نَصٰرٰىۗ ذٰلِكَ بِاَنَّ مِنْهُمْ قِسِّيْسِيْنَ وَرُهْبَانًا وَّاَنَّهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ ۔
Pasti akan kamu dapati orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan pasti akan kamu dapati orang yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata, “Sesungguhnya kami adalah orang Nasrani.” Yang demikian itu karena di antara mereka terdapat para pendeta dan para rahib, (juga) karena mereka tidak menyombongkan diri.

(QS. Al-Ma'idah ayat 82)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement