Kamis 11 Feb 2016 08:41 WIB

Waspada, 8 Hal Ini Bisa Menyebabkan Sengatan dan Luka Bakar Listrik

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Tersegat listrik (ilustrasi)
Foto: safebee
Tersegat listrik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Sudah menjadi hal yang umum diketahui bahwa saluran listrik berisiko membuat seseorang terkena setrum. Karena itu, sentuhan langsung pada saluran istrik sebaiknya dicegah untuk menghindari risiko tersetrum atau tersengat listrik.

American Burn Association mengungkapkan bahwa percikan listrik dan sengatan listrik dapat berujung pada terjadinya luka bakar akibat listrik. Luka bakar akibat listrik ini dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada syaraf dan juga otot. American Burn Association juga mengungkapkan bahwa sengatan listrik dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada organ dalam tubuh.

Direktur Keamanan Pelanggan John Drengenberg, mengatakan bahwa aliran listrik sangat berbahaya karena dapat berujung pada kematian. Setidaknya, Drengenberg mengatakan ada tiga penyebab utama terjadinya sengatan listrik di rumah. Ketiga penyebab utama tersebut berasal dari perkakas rumah kecil, peralatan listrik serta alat penerangan.

Untuk menghindari terjadinya sengatan listrik, ada beberapa kesalahan yang terlihat sepele tetapi patut untuk dihindari. Berikut ini ialah delapan kesalahan yang harus dihindari untuk mengurangi risiko tersengat listrik dilansir Safebee.

 

Menggunakan perkakas dengan kabel terbuka

Setiap saat sebelum menggunakan perkakas, penting untuk terlebih dahulu mengecek kondisi kabel pada perkakas. Jangan gunakan perkakas yang memiliki kabel dengan kondisi terbuka sehingga bagian dalam kabel terlihat atau keluar. Segera ganti perkakas yang bersangkutan atau kabelnya jika menemukan kerusakan pada bagian kabel.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement