Kamis 07 Apr 2016 08:32 WIB

5 Kebiasaan Baik tak Boros Penggunaan Kartu Kredit

Red: Indira Rezkisari
Kartu kredit
Foto: pixabay
Kartu kredit

REPUBLIKA.CO.ID, Praktis. Itulah keunggulan yang dimiliki oleh kartu kredit sebagai sarana pembayaran yang diinginkan dan dibutuhkan oleh masyarakat era modern saat ini. Dengan kartu kredit, masyarakat lebih mudah dan leluasa untuk melakukan transaksi dan memiliki kesempatan untuk mendapatkan terlebih dahulu produk kebutuhan dan keinginan tanpa takut harus kehabisan. Tentunya hal ini sangat membantu para penggunanya ketika sedang berada dalam situasi genting.

Berbagai promo ditawarkan juga diberikan guna meningkatkan minat konsumen untuk memiliki dan menggunakan kartu kredit sebagai pilihan transaksi dalam berbelanja. Cicilan nol persen dan berbagai promo diskon adalah beberapa contoh nyata yang kerap diberikan bank penerbit kartu kredit untuk merangsang dan meningkatkan penggunaan kartu kredit.

Akan tetapi, meski kartu kredit bisa dianggap sebagai sebuah produk modern yang sangat membantu kelancaran transaksi era teknologi ini, ketidakmampuan pemegang kartu mengendalikan diri dalam menggunakan kartu kredit bisa menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. Jangan lupa bahwa kartu kredit hanya menunda pembayaran menjadi di akhir periode, bukan menggantikan pembayaran tunai seperti yang bisa dilakukan jika menggunakan kartu debit sebagai sarana pembayaran.

Maka dari itu, sebagai antisipasi agar tidak mengalami overlimit maupun menumpuknya tagihan pembayaran, kami akan menyediakan beberapa tips dan cara cerdas yang bisa Anda terapkan untuk menggunakan kartu kredit secara bijak. Berikut ulasannya.

Ingin menggunakan kartu kredit Anda untuk melakukan transaksi?

Coba perhatikan dulu apakah pihak penjual menyediakan mesin EDC yang sesuai dengan bank penerbit kartu kredit Anda? Usahakan untuk menggunakan kartu kredit Anda pada mesin yang memang diperuntukkan bagi kartu kredit yang Anda miliki. Menggunakan kartu kredit sebagai sarana pembayaran dengan menggesekkannya pada mesin EDC yang bukan dari pihak bank penerbit kartu kredit Anda akan menimbulkan biaya tambahan sebesar 3 persen. Angka ini akan bertransformasi menjadi tagihan yang relatif besar mengingat Anda masih harus membayar bunga pembayaran tersebut.

Tidak ingin terbebani dengan tagihan yang berlipat ganda?

Jangan tergiur untuk memiliki banyak kartu kredit dari berbagai bank yang berbeda hanya karena merasa masing-masing kartu kredit memiliki fungsi dan keunggulannya sendiri. Cukup pilih satu kartu kredit yang dirasa cukup memenuhi kebutuhan Anda dan sesuai dengan kemampuan Anda dalam melunasi tagihan tersebut pada akhir periode. Semakin banyak Anda memiliki kartu kredit, semakin tinggi pula keinginan untuk menggunakannya setiap kali menemukan transaksi yang seolah dipermudah dengan kartu kredit tertentu.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement